Budiman AS : Usut Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos di TPS 19 Way Kandis

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandarlampung, sekaligus anggota DPRD Lampung Budiman AS, mendorong Bawaslu untuk mengusut tuntas peristiwa surat suara tercoblos di TPS 19 Kelurahan Way Kandis, Kecamatan Tanjungsenang, Kota Bandarlampung.

Sedikitnya 200-an surat suara Pemilu 2024 di TPS 19 Way Kandis ditemukan tercoblos oleh pemilih.

“Kami meminta Bawaslu untuk mengusut tuntas kejadian di TPS 19 Way Kandis. Jadi tidak hanya merekomendasikan pemungutan suara ulang,” tegas Budiman saat dihubungi pada Rabu (14/2/2024) sore.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Provinsi Lampung ini, peristiwa itu telah menimbulkan keresahan dan kecurigaan publik terhadap kredibilitas penyelenggaraan dan penyelenggara pemilu di Kota Bandarlampung.

“Kami percaya KPU dan Bawaslu memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pemilu yang jujur dan adil. Oleh karena itu, kami berharap KPU dan Bawaslu dapat menyelesaikan kasus ini dengan tuntas dan transparan,” ujar Budiman.

Ia menjelaskan surat suara tercoblos sebelum waktunya merupakan salah satu pelanggaran dalam pemilu di Indonesia.

Hal ini dapat dikategorikan sebagai tindak pidana pemilu dan pelakunya dapat dikenakan sanksi karena menghambat atau menghalangi pelaksanaan pemungutan suara.

“Ini pidana pemilu,” pungkas Budiman AS.(*)