Diskusi Ketua DPRD Lampung: Apresiasi Lagu Hymne Guru Dan Tantangan Guru CPNS P3K 2023

“Sudah hampir 4 tahun ini, saya tidak mendengar lagu Hymne Guru, dan baru terdengar di ruangan ini. Tentu, saya merindukan dan mengapresiasi Bapak-Ibu di sini,” kata Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, saat menerima audiensi dari guru yang lolos CPNS P3K Passing Great tahun 2023.

Senior PDI Perjuangan Lampung tersebut mengakui bahwa di ruang rapat besar DPRD Provinsi Lampung jarang terdengar suara atau lantunan merdunya lagu Hymne Guru. Namun, yang sering terdengar adalah perdebatan dan topik lainnya.

“Terima kasih kepada para guru, saya mengapresiasi lantunan lagu Hymne Guru. Biasanya yang saya dengar adalah perdebatan seputar anggaran dan kebijakan,” ujar Mingrum Gumay pada Selasa (16/01/2024).

Mingrum Gumay juga menyampaikan bahwa hasil pertemuan kemarin menunjukkan bahwa para guru yang lolos CPNS P3K seharusnya tidak perlu mengikuti tes kembali pada penerimaan tahun 2023. Mereka memiliki pengalaman mengajar minimal 2 hingga 10 tahun.

“Pertanyaannya sekarang, apakah regulasi yang menyatakan bahwa mereka yang sudah lulus harus mengikuti tes kembali merupakan kebijakan nasional, dan jika iya, bagaimana regulasi dan solusinya,” tambahnya.

Menurut Mingrum, salah satu indikator kemajuan negara Indonesia adalah bidang pendidikan. Untuk mewujudkan kemajuan tersebut, penting untuk memberdayakan para guru.

“Kita harus mencari solusi, dan mendengarkan pandangan dari Dinas Pendidikan dan BKD yang hadir di ruangan ini,” ungkapnya.

Perwakilan guru CPNS P3K yang lolos Passing Great, Mukromin (asal Waykanan), menegaskan bahwa kehadiran mereka pada kesempatan ini untuk kedua kalinya adalah untuk meminta kepastian nasib mereka.

“Kami meminta kepastian, tolong berikan kebijakan yang jelas. Kami sudah mengabdi mayoritas di atas 10 tahun, tidak perlu lagi diuji,” tegasnya.

Diskusi tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Lampung, Watoni Noerdin, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Budhi Condrowati, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan BKD Provinsi Lampung. (Red)