Berikan Kemampuan Dasar Jurnalistik Kepada Pramuka, Kwarda Lampung Gelar Pelatihan

Bandarlampung – Penguasaan jurnalistik bagi Pewarta Pramuka merupakan modal yang amat penting dalam mengemban tugas penyampai informasi kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Waka Orgakum Kwarda Lampung kak Wan Abbas Zakaria mewakili Ketua Kwarda Lampung Kak Chusnunia pada upacara pembukaan Pelatihan Jurnalistik, Kamis (21/12/2023) pagi di Kwarda Lampung, Bandar Lampung.

Lebih lanjut, Ketua Kwarda dalam sambutan tertulisnya berharap Pramuka harus dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk mempublikasikan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka. “Oleh karenanya, Pramuka juga harus memiliki kemampuan dasar jurnalistik sehingga informasi yang disampaikan dapat tepat dan efektif”. Imbuhnya.

Dengan semboyan Setiap Pramuka Adalah Pewarta diharapkan setiap pramuka dapat memberitakan kegiatan kepramukaannya dengan baik dan terpercaya. Sehingganya, aktifitas Pramuka dimanapun berada, apapun kegiatan kepramukaannya dapat terpublikasikan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pelatihan Jurnalistik kak MD Wicaksono melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman Jurnalistik serta mendorong kreatifitas pramuka untuk membuat konten dan mempublikasikan berita kepramukaan melaui media yang tepat. Pelatihan ini diikuti 40 peserta yang berasal dari perwakilan Dewan Kerja Cabang, Dewan Racana Perguruan Tinggi, dan Dewan Ambalan SMA/SMK

Ketua Kwarda berharap kegiatan yang diikuti ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mengikuti secara seksama paparan dari narasumber jurnalistik.

Pelatihan resmi dibuka ditandai dengan penyerahan bendera kursus atau tunggul pendidikan dari Kepala Pusdiklatda kak Kardiman Sulisto kepada Pimpinan Kursus kak Maman, dilanjutkan pemakaian tanda peserta oleh Waka Orgakum kepada perwakilan peserta.

Selain Waka Orgakum, turut hadir Wases II kak Pariyanto, Sesbid Binamuda kak Muslih, Wakabid V / Kerjasama, Humas, dan Informatika sekaligus Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik kak MD Wicaksono (kak Soni), Kepala Pusdiklatda, Kardiman Sulisto, S.Pd., MM., Andalan Daerah dan Pengurus DKD Lampung. (Jhon)