Jaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan Pokok, Pemkab Pesawaran Gelar GPM

Pesawaran – Untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kecamatan Padang Cermin pada Senin (15/10/2023).

Kegiatan ini sebelumnya juga telah dilaksanakan di Kecamatan Gedong Tataan kemudian Kecamatan Way Lima.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan GPM ini adalah dalam rangka mengendalikan dan mengurangi dampak inflasi sekaligus sebagai bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Pada saat kondisi inflasi terjadi, kenaikan harga-harga pangan pokok stategis cukup mempengaruhi daya beli masyarakat.

Hal ini menurutnya tentu mengurangi keterjangkauan pangan masyarakat terhadap pangan pokok strategis yang tetap harus dipenuhi agar masyarakat dapat hidup sehat, aktif, dan produktif.

“Bersama Badan Pangan Nasional kami menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen dan meningkatkan keterjangkauan daya beli pangan pokok bagi masyarakat Bumi Andan Jejama,” ucap Nanda Indira Dendi di Aula Rapat Kantor Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.

Nanda menjelaskan, bahan pangan pokok strategis yang dijual pada kegiatan Gerakan Pangan Murah pada hari ini adalah adalah komoditas pembentuk inflasi (volatile foods) seperti Beras, Gula, Minyak Goreng, Tepung, Bawang Merah, Bawang Putih, Daging Ayam dan pangan lainnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hendra Sulistianto berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok yang lebih murah dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Terdapat 3 titik yang dilakukan Pasar Murah, yang pertama di Islamic Center, kedua Desa Paguyuban Kecamatan Way Lima dan yang ketiga di Kecamatan Padang Cermin,” ucap Hendra.

Mantan Kabag Pembangunan Setdakab Pesawarn itu menambahkan, pasar murah ini dapat terselenggara atas bantuan dari para vendor yang mendukung kegiatan pada hari ini.

Ketua Panitia GPM Kabupaten Pesawaran Mei Nuryati Wildan dalam laporannya menyampaikan peserta atau partisipan kegiatan ini antara lain, Perum Bulog Kantor Wilayah Lampung, PT Domus Jaya, PT Rajawali Nusantara Indah, PT Indofood Lampung, PT Nadien Chiken, peternak petelur dan petani cabai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat struktural di lingkup Pemkab Pesawaran, Camat Padang Cermin beserta jajaran, Perwakilan Badan Perum Bulog Divre Kanwil Lampung , Kepala PT Indofood dan Kepala PT Domus, Nadien Chiken dan produsen telur ayam ras dan para petani cabai, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta tokoh agama. (MP)