Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Gelar Pembinaan Tingkat Kecamatan

Pesisir Barat – Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, membuka kegiatan pembinaan TP-PKK kecamatan dan pekon se-Kecamatan Bangkunat dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Pesibar, Kamis (14/09/2023).

Kegiatan yang digelar di Sekretariat Kecamatan Bangkunat itu dihadiri Plt. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, dan jajaran pengurus TP-PKK Pesibar.

Plt. Sekda Jon Edwar mengatakan bahwa Pemkab Pesibar hingga saat ini sangat serius melakukan berbagai upaya dalam rangka penurunan angka stunting dan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat Pesibar.

“Oleh karena itu kegiatan pembinaan yang dikawal langsung oleh para OPD terkat, tentu diharapkan dapat diikuti oleh pengurus TP-PKK kecamatan dan pekon dengan maksimal, sehingga kita bisa menjadi pelopor untuk menjadikan daerah kita sebagai kabupaten yang sehat dan sejahtera,” ujar Jon.

“Persoalan stunting adalah persoalan serius yang harus ditangani, karena stunting bisa menjadi salah satu penghambat majunya Pesibar kedepannya ditangan generasi muda Pesibar,” pungkas Jon.

Ungkapan senada juga disampaikan Ketua TP-PKK Pesibar, Septi Istiqlal. Menurutnya, TP-PKK Pesibar terus berupaya ambil andil dalam membantu Pemkab Pesibar mensukseskan program percepatan penurunan angka stunting di Pesibar. “TP-PKK Pesibar sangat menyadari bahwa bagaimana Pesibar kedepannya ada ditangan anak-anak kita saat ini sebagai generasi penerus,” tutur Septi.

“Artinya, jika anak-anak kita sehat, harapan untuk menjadikan Pesibar lebih maju dari kabupaten-kabupaten lainnya akan terwujud ditangan terampil anak-anak kita,” imbuhnya menegaskan.

Septi mengimbau agar peserta pembinaan mengikuti dan memahami setiap materi yang disampaikan.

“Sehingga ilmu yang didapat dari setelah kegiatan pembinaan bisa diterapkan dalam lingkungan masyarakat secara langsung. Dan upaya Pemkab Pesibar dalam melakukan percepatan penurunan angka stunting dapat terwujud,” tukas Septi.

Dalam kegiatan tersebut diwarnai dengan pembagian paket literasi dan kaos Kelompok Kerja (Pokja) Literasi dari Perpustakaan Daerah, pembagian BKB KID dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), pembagian insentif posyandu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), pembagian operasional pokja Kecamatan Bangkunat dan pekon se-Kecamatan Bangkunat. Selain itu pembagian insentif marbot dari Dinas Sosial (Dinsos), pembagian paket budi damber dari Dinas Perikanan (Diskan), pembagian kotak sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), pembagian bibit tanaman dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), dan penyerahan KTP, KK, dan KIA dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil). (Jhon)