Kenalkan Budaya Akademik Kemahasiswaan, UIN Lampung Gelar PBAK

Bandarlampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) yang diikuti sebanyak lima ribu lebih mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Prosesi pembukaan PBAK tahun 2023 ini dikemas dalam Sidang Senat Terbuka. Ketua Senat UIN Raden Intan Lampung Prof Dr H Idham Khalid, MAg membuka sidang senat terbuka secara resmi. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid di Gedung Serba Guna (GSG) kampus setempat melalui platform Youtube dan Zoom, Senin (29/08/2023).

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI No: B-732.1/DJ.I/07/2023. Di dalamnya menyebutkan bahwa PBAK merupakan kegiatan akademik untuk mengawali proses perkuliahan sebagaimana wisuda yang juga merupakan kegiatan akademik untuk mengakhiri perkuliahan.

Oleh karena itu, kegiatan PBAK harus dibuka dan ditutup dengan Sidang Senat Akademik. Didampingi Ketua Senat UIN RIL, Rektor Prof H Wan Jamaludin Z MAg PhD, jajaran Wakil Rektor, dan jajaran Dekan memakaikan jaket almamater sebagai tanda pembukaan peresmian PBAK dan pengukuhan mahasiswa baru tahun 2023.


Dalam laporannya, Ketua Pelaksana PBAK, Prof Dr H Idrus Ruslan MAg mengatakan, pelaksanaan PBAK tahun ini mengambil dua bentuk yakni hybrid dan full offline yang dilaksanakan selama tiga hari 29-31 Agustus 2023.

“Hari ini merupakan hari pertama PBAK yang dilaksanakan secara hybrid diikuti 2000 mahasiswa, sedangkan selebihnya mahasiswa baru mengikuti PBAK secara online,” ucapnya. Adapun pada dua hari selanjutnya, sambungnya, dilaksanakan secara full offline di fakultas masing-masing.

Tema PBAK yang diusung pada tahun ini yaitu “Moderasi Beragama Perkokoh Generasi Muda Menuju Indonesia Emas”.

Prof Idrus yang juga sebagai Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan menyampaikan, PBAK diisi serangkaian kegiatan yaitu penyampaian materi dan parade UKM.

Narasumber PBAK selain dari unsur pimpinan universitas, juga menghadirkan pemateri penguatan moderasi beragama, Kepolisian Daerah Lampung dengan materi Undang-undang ITE, serta dari BNN Lampung dengan materi pemahaman bahaya narkoba.

Sedangkan materi kegiatan hari kedua dan ketiga, ujar Prof Idrus, materi disampaikan pimpinan fakultas, pimpinan prodi, ormawa fakultas serta sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan lembaga di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.
“Selamat datang dan selamat bergabung menjadi mahasiswa di kampus hijau yang penuh dengan prestasi,” ucap Prof Idrus.
Dia mengajak kepada para mahasiswa baru untuk mengikuti PBAK dengan sungguh-sungguh agar mendapat pengetahun dan wawasan tentang berbagai macam aktivitas yang ada di kampus ini.


“Bismillahi Masya Allah La Haula Wa La Quwwata Illa Billah kepada mahasiswa baru silakan ikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh agar mendapat wawasan dan pengetahuan dari kegiatan ini. Anda juga bisa bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai dengan talenta yang anda miliki,” tandasnya.