TP-PKK Pesibar Gelar Sosialisasi Kampung Ramah Gizi Menuju Kampung Keluarga Berkualitas Tahun 2023

Pesisir Barat – Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, membuka sosialisasi kampung ramah gizi keluarga menuju kampung keluarga berkualitas Tahun 2023, di Aula Sekretariat TP-PKK Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (25/8).

Tampak hadir juga dalam sosialisasi tersebut, Ketua I TP-PKK Pesibar, Yulnawati Zulqoini, Ketua II TP-PKK Pesibar, L. Liastuti, S.Pd., M.M., Narasumber dr. Lely Yanita, dan peserta sosialisasi.

Dihadapan peserta sosialisasi Ketua TP-PKK Pesibar Septi Istiqlal menyampaikan isu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat adalah unsur yang tidak terpisahkan dan menjadi fokus Pemkab Pesibar melalui berbagai upaya agar dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri, sehat, dan sejahtera.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Septi.

Dijelaskannya, TP-PKK bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait ikut andil dan mempunyai pean penting yaitu dengan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga yang tertuang dalam 10 Program Pokok TP-PKK yang kegiatannya dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga ke pekon. “Indeks Pembangunan Keluarga (IPK) memberikan gambaran peran dan fungsi keluarga untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas melalui dimensi ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan dalam keluarga tersebut,” papar Septi.

“Sosialisasi ini sangat penting karena merupakan bentuk integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan keluarga dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) keluarga dan masyarakat,” tutup Septi. (Jhon)