Bersama Karang Taruna, Polres Pesibar Gelar Jum’at Curhat

Pesisir Barat – Polres Pesisir Barat (Pesibar) dan jajaran pengurus Karang Taruna tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Pekon melangsungkan bincang-bincang yang dikemas dalam kegiatan Jumat Curhat, di Embung Lahan Kantor Polres Pesibar, di Pekon Suka Jadi Kecamatan Krui Selatan, Jumat (11/08/2023).

Jumat Curhat kali ini, dihadiri langsung Kapolres Pesibar, AKBP. Alsyahendra, S.IK., M.H., pengurus Karang Taruna kabupaten, kecamatan, hingga pekon, serta para pejabat Polres Pesibar.

Dalam momen itu Kapolres Alsyahendra mengatakan, Karang Taruna merupakan ujung tombak dan tulang punggung keaktifan dan kreatifitas masyarakat. Terlebih dalam waktu dekat akan dilangsungkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, dimana Karang Taruna diharapkan mampu berperan efektiv dalam melangsungkan berbagai kegiatan di tingkat masyarakat.

Karenanya Alsyahendra menekankan agar Karang Taruna Pesibar agar dapat melaksanakan kegiatan yang positif secara luas, membantu mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan kontra produktif. “Polres Pesibar juga berharap agar ditahun politik ini, Karang Taruna dapat membantu situasi tetap kondusif, membantu meminilisir potensi terjadinya kecurangan, dan memberikan edukasi terhadap masyarakat agar bisa menentukan pilihannya dengan bijak,” kata Kapolres.

Tidak hanya itu, Alsyahendra juga berharap agar kedepan masyarakat Pesibar yang mendaftarkan diri menjadi anggota Polri meningkat signifikan. Hal itu dikarenakan dari 847 anggota Polri yang dibutuhkan di Pesibar baru terpenuhi sekitar 20 persen. Kapolres menjamin pemerimaan anggota Polri di Pesibar tidak ada sogokan dan akan diberikan Bimbingan Belajar (Bimbel) gratis tiga hingga empat bulan sebelum penerimaan.
“Jika ada oknum yang meminta uang laporkan ke saya, saya akan proses oknumnya dan kembalikan uangnya 2 kali lipat,” tegasnya.

Lebih lanjut Ia memaparkan Polres Pesibar bertugas memverifikasi pada tes administrasi, setelah itu untuk tahapan tes selanjutnya dilimpahkan ke Polda (Biro SDM) sampai tahapan Pantauan Akhir (Pantukhir) untuk bintara.

Polres juga meminta bantuan kepada Karang Taruna untuk dapat berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait tempat kampanye. “Jangan sampai satu tempat dipakai dua parpol berkampanye di hari dan jam yang sama,” tandasnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Pesibar, Suryadi, S.IP., M.M., melalui Wakil Ketua, Adry Fazahkam menyampaikan bahwa Karang Taruna dalam waktu dekat bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT), dimana kegiatan tersebut diproyeksikan akan dihadiri Gubernur Lampung dan seluruh Karang Taruna kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. “Karang Taruna Pesibar berharap agar Polres Pesibar dapat membantu dan bekerjasama terkait pengamanan demi kelangsungan acara tersebut nantinya,” ucapnya singkat. (Jhon)