Gubernur Arinal Ajak Mahasiswa KKN Unila dan KKN Siger Berjaya Berkarya, Berperan Nyata untuk Masyarakat Lampung

Bandarlampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak para mahasiswa peserta KKN Universitas Lampung (Unila) dan KKN Siger Berjaya untuk bisa berkarya dan berperan nyata untuk masyarakat Provinsi Lampung.

Pesan Gubernur itu disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi saat Penyerahan Mahasiswa KKN Unila Periode II dan KKN Siger Berjaya Perguruan Tinggi Di Lampung Tahun 2023 di GSG Unila, Jumat (23/06/2023).

“Para peserta KKN jadilah penggerak roda pembangunan, wujudkan Lampung selalu terdepan,” ujar Kusnardi.

Kusnardi mengatakan pelaksanaan KKN harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. Dimana sebelumnya juga dilaksanakannya observasi untuk mengetahui bagaimana kondisi riil dan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“KKN juga akan berjalan efektif, manakala mahasiswa yang terlibat di dalamnya bersikap proaktif dan tidak tinggal diam dalam menghadapi berbagai kondisi yang mungkin terjadi di lapangan,” katanya.

Kusnardi meminta agar para mahasiswa peserta KKN saat menyatu dengan masyarakat untuk menjaga nama baik diri sendiri, keluarga dan almamater serta bersikap sopan, santun dan rendah hati dengan masyarakat setempat.

“Tunjukan bahwa kedatangan anda memiliki makna dan tidak sia-sia serta jadikanlah lokasi KKN, baik tata pemerintahan, tata kehidupan bermasyarakat, budaya dan adat istiadat, potensi alam, sumber daya manusia dan lain-lain merupakan laboratorium mini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan,” ujarnya.

Ia mendorong agar mahasiswa harus mampu membuktikan bahwa dirinya merupakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan siap untuk berkompetisi di era globalisasi dewasa ini.

Terakhir, Ia mengajak para mahasiswa peserta KKN untuk bisa mensosialisasikan dan menginformasikan berbagai kebijakan dan program pembangunan pemerintah Provinsi Lampung yang saat ini terus dilaksanakan kepada masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi tentang pembangunan pemerintah yang saat ini dilaksanakan,” katanya.

Sebagai infomasi, untuk mahasiswa Unila yang akan melaksanakan KKN meliputi KKN Reguler, KKN Kebangsaan, KKN MBKM dan KKN Bilateral.

Untuk KKN Reguler, para mahasiswa Unila akan disebar di 3 Kabupaten di Lampung yaitu Kabupaten Lampung Tengah 447 Mahasiswa, Kabupaten Tanggamus 112 Mahasiswa dan Kabupaten Pesawaran 112 Mahasiswa.

Dan untuk KKN Siger Berjaya diikuti dari 5 Perguruan Tinggi di Lampung berjumlah 346 yang difokuskan di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Alumni Unila Anna Gustina Zainal, perwakilan Bupati Lampung Tengah, Tanggamus dan Pesawaran serta perwakilan Rektor Perguruan Tinggi. (Adpim)