Pemerintah Pekon Kota Jawa Salurkan BLT DD Tahap IV Kepada 161 KPM

Pesisir Barat – Pemerintah Pekon Kota Jawa, kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-dd) tahap IV Untuk Periode Oktober,November, Desember, kepada 161 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Jum’at (30/12/2022).

Penyaluran berlangsung di Balai Pekon Setempat yang di hadiri langsung oleh Staf Kecamatan Bpk.H.M.Hilmi, Jurtul Hasri, Ketua LHP Ahmad Sirwadi,PD Kecamatan Zainal Abidin,Pendamping lokal Desa M.Fazari Babinkantibmas Bripka Dwi Haryanto, Dan 161 KPM,Tokoh Adat Tokoh Agama Tokoh Pemuda Tokoh Masyarakat Dan Insan Pers.


Disampaikan Bpk Hasri Mewakili Sambutan Peratin Pekon Kota Jawa dalam sambutannya, terkait telah disalurkannya BLT-dd selama Dua Belas Bulan yang ditutup pendistribusian untuk periode Oktober,November, Desember, menyampaikan rasa syukur dengan terus membaiknya kondisi dunia dari pandemi covid-19.

Dan Hasri berpesan agar bantuan dimanfaatkan tepat guna sebagaimana tujuan dari program tersebut untuk kebutuhan rumah tangga seperti sembako atau yang mendesak lainnya.


Pendamping Lokal Desa M.Fazari menambahkan, bahwa 2023 masih ada BLT-DD, yang telah diatur dalam PMK 201 Tahun 2022 Pasal 35 Bahwa BLTDD masig ada Namun akan ada pengurang KPM. Yang semula dianggarkan 40% dari anggaran dana desa ditahun 2022 pada tahun 2023 hanya dianggarkan 25% maksimal dari anggaran dana desa. Yang tentu semua itu kreteria penerima salah satunya Miskin Ekstrim,Penyakit Menahun dan Juga yang lanjut Usia.


Titik pemberian BLT-DD tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrim berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku BLT-dd dialokasikan maksimal 25% dari total pagu dana desa setiap desa.


Dengan kriteria penerima Keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan, dan di utamakan untuk keluarga miskin ekstrim. Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis. Keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, lansia atau keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.


“Dan terkait BLT-DD meminta kepada seluruh KPM agar dalam membelanjakan bantuan dibelikan terhadap kebutuhan yang tepat guna seperti halnya Membeli sesuatu yang bisa menghasilkan untuk beberapa bulan kedepannya dan Sembako atau kebutuhan yang mendesak,” tandasnya. (Jhon)