Penuh Haru, Bupati dan Wabup Lambar Ikuti Apel Terakhir Dimasa Jabatan

Lampung Barat – Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat laksanakan apel terakhir bersama ASN di masa kepemimpinannya

Suasana haru meyelimuti para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat tepatnya pada Senin pagi 5 Desember 2022.

Bagaimana tidak? Sebab, hari itu merupakan hari terakhir bagi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus – Mad Hasnurin dalam melaksanakan apel pagi bersama ASN Pemkab setempat menjelang Purna Bhakti pada 11 Desember mendatang sejak dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2017 lalu.

Nampak terjadi pemandangan tidak biasa di pagi itu, tatkala Bupati Parosil dan Wakilnya Mad Hasnurin yang kerap disebut duet PM berkeliling menghampiri satu persatu ASN peserta apel yang bertugas di lingkungan Pemkab Lampung Barat.

Jika biasanya para ASN yang menghampiri, kini terjadi momen sebaliknya, Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin lah yang menghampiri dan menyalami para pegawai di lingkungan pemkab setempat satu persatu untuk saling memaafkan dan mendoakan menjelang enam hari terakhir masa jabatannya.

Bertindak sebagai pemimpin apel, selaku kepala daerah melalui sambutannya yang penuh haru, Parosil Mabsus menyampaikan permohonan maaf mendalam kepada seluruh ASN Pemkab Lampung Barat selama lima tahun masa kepemimpinannya.

“Kami berdua menyampaikan permohonan maaf kepada bapak/ibu, seandainya di saat kami menjadi ayah, pemimpin rumah tangga di Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat yang mengurus berbagai macam latarbelakang termasuk juga harapan dan keinginan tentu kami berdua sadar tidak mampu membahagiakan dan tidak mampu juga mengikuti apa yang menjai harapan dan keinginan daripada seluruh ASN,” ujar Parosil.

Namun Parosil menyatakan, selama ia bersama wakilnya menjabat sebagai bupati dan wakil bupati, dirinya telah melakukan yang terbaik dengan bekerja keras dan tulus ikhlas.

“Pada pagi hari ini dengan segala kerendahan hati, saya dan Pak Mad Hasnurin menurut ukuran kami berdua, kami sudah bekerja secara ikhlas, bekerja secara tulus dan sudah bekerja secara sungguh-sungguh,” ungkapnya.

“Tetapi kami berdua sangat sadar, kami berdua ini sama dengan bapak/ibu, ada kalanya jenuh, ada kalanya sakit dan ada kalanya lapar, dan ada kalanya sombong oleh karena itu pada kesempatan ini kami berdua menyampaikan permohonan maaf kepada bapak/ibu,” sambungnya.

Selanjutnya Parosil mengucapkan terima kasih terhadap para ASN yang telah bekerja keras dalam mensukseskan program-programnya, apalagi dalam kurun waktu dua tahun lebih terjadi masa sulit di tengah wabah pandemi covid-19.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya, kami berdua tentu tidak dapat bekerja di tengah suasana yang mungkin kurang bergembira di di tengah pandemu covid-19. Kita dituntut untuk terus bekerja di tengah rasa kesakitan dan di tengah kekhawatiran sekaligus juga di tengah keterbatasan anggaran,” ucapnya.

“Kami yakin, apa yang kami lakukan hari ini tidak mungkin bisa membahagiakan dan mensejahterakan masyarakat Lampung Barat tanpa bantuan bapak/ibu sebagai ujung tombak dari sebuah perencanaan dan juga pelaksanaan termasuk juga pengawasan dari sebuah program,” sambungnya.

Parosil menyatakan berkat dukungan serta kerja keras staf dan jajarannya, berdasarkan survei tahunan yang dilakukan 92 persen masyarakat Lampung Barat puas atas program-program yang dicanangkannya.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada bapak/ibu, hari ini 92 persen masyarakat Kabupaten Lampung barat puas dengan program kerja di bawah kepemimpinan PM,” katanya.

Namun Parosil berpesan agar tidak terlena dengan pencapaian tersebut, agar pencapain tersebut ke depan dapat kembali ditingkatkan.

“Kalau bisa mendapat angka 95 persen, sebenarnya di Provinsi Lampung bisa jadi Pemkab Lampung Barat adalah yang terbaik,” cetusnya.

Parosil menggambarkan, tingkat kepuasan masyarakat secara nasional terhadap Presiden RI Joko Widodo berada di level 72 persen, tetapi hari ini Kabupaten Lampung Barat menorehkan prestasi yang sangat luar biasa, yaitu bisa mencapai angka 92 persen.

“Tentu prestasi ini bukan hebatnya sorang bupati, bukan hebatnya seorang wakil bupati, tetapi hebatnya seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya. (Pin)