Bupati Pesisir Barat Hadiri Pembukaan MTQ ke-49 di Mesuji

Pesisir Barat – Bupati Kabupaten Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH.,M.H didampingi Ketua TP-PKK Pesisir Barat Septi Istiqlal menghadiri acara Pembukaan MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 yang berlangsung di alun-alun Simpang Pematang Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji, Sabtu (03/12/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Staf ahli Bupati bidang Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan  Drs, Imam Habibudin, M.si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Edwin Kostolani Burtha, SH.,MP, kepala Dinas Sosial Agus Triadi, S.IP., MM., Kepala Dinas Kominfotik & Persandian Suryadi, S.IP., MM., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Unzir ,SP.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-49 ini dibuka langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ditandai dengan pelepasan panah yang didampingi Bupati dan Wali Kota Se-Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan MTQ merupakan salah satu program pembangunan bidang agama untuk peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat.

MTQ ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-nya, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam.

MTQ Ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini mengambil tema “Dengan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Kita Tingkatkan Kualitas SDM Yang Unggul Dan Quran’i Untuk  Mewujudkan Masyarakat Yang Religius”.

ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi Qura’ni, Terkait hal ini program Lampung mengaji menjadi upaya menciptakan kehidupan yang religius (agamis), berbudaya, aman, dan damai di Lampung yang memiliki visi Lampung berjaya. 

Gubernur berharap MTQ Ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca al-qur’an, namun menjadi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-qura’n. MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.

Sementara itu Bupati Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH.,M.H menyampaikan harapannya kepada kafilah Pesisir Barat untuk dapat meningkatkan prestasinya. 

Bupati Juga berpesan kepada Qori dan Qoriah untuk selalu menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan MTQ ke 49 tingkat Provinsi Lampung ini.

Kita doakan Semoga para Kafilah kita dapat menigkatkan prestasinya lebih baik lagi, dan kepada para kafilah untuk menjaga kesehatan mereka agar bertanding nantinya bisa optimal.

Bupati berharap kepada semua Unsur Pemerintah dan lapisan masyarakat untuk dapat mendukung kafilah Pesisir Barat dalam mengikuti pelaksanaan MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung, sehingga Kafilah Pesisir Barat dapat meraih hasil terbaik. (Jhon)