“Bentuk Protes ke Pemerintah Pusat”, Peratin Pelita Jaya Tanam Pohon Pisang Ditengah Jalan Berlubang

Pesisir Barat – Aparat Pekon Pelita Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Tancapkan Pohon pisang ditengah jalan lintas barat (Jalinbar) yang berlubang.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes dan juga untuk mengantisipasi terjadinya kembali kecelakaan lalulintas di wilayah tersebut, Senin (21/11/2022).

Saat dihubungi media diksinusantara.com melalui Via Telpon, Peratin Pelitajaya, Wawan Ardi Saputra, S.H., membenarkam bahwa pihaknya bersama aparat Pekon setempat yang melakukan penanaman pohon pisang ditengah jalan tersebut.

“Ini memang kondisi lubang di tengah jalan akibat gorong-gorong yang amblas itu cukup dalam dan besar, sehingga jika tidak dipasang tanda, jelas akan dikhawatirkan kembali menyebabkan kecelakaan lalulintas, terutama pengendara sepeda motor,” katanya.

Lanjutnya, hingga saat ini, sudah banyak terjadi kecelakaan yang disebabkan kondisi jalan rusak di wilayah itu, salah satunya di lokasi badan jalan yang berlubang tersebut. 

Karena itu, dengan ditanamnya pohon pisang ini diharapkan bisa segera ditangani oleh Pemerintah Pusat melalui Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional, karena ini merupakan jalan nasional, harapnya.

Sebelumnya aparat pekon setempat juga sempat memasang traffic cone kerucut di lokasi lubang jalan ini, namun itu juga tidak efektif dan sempat ditabrak oleh kendaraan roda empat. 

“Untuk itu, kita harap bisa segera diperbaiki, bukan hanya di lokasi ini saja, namun juga di beberapa titik lainnya, semoga dengan adanya pohon pisang yang kita tanam ini akan sedikit menjadi tanda bagi pengguna jalan agar lebih berhati hati,” pungkasnya. (Jhon)