“Terima Bantuan Beras”, Warga Banjar Negeri: Terimakasih Pak Bupati Dendi

Pesawaran – Warga di Kecamatan Way Lima mengucapkan terima kasih pada pemerintah daerah (Pemda) Pesawaran yang telah memberikan bantuan beras terhadap warga yang terdampak pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh Isnaini warga Desa Banjar Negri pada acara Penyerahan Bantuan Sosial Bahan Pangan Berupa Beras Premium di Gedung Serba Guna (GSG) Desa Banjar Negri Kecamatan Way Lima, Jum’at (18/11/2022).

Dalam sambutannya Isnaini mengatakan, kenaikan harga BBM tentunya sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Sebab, kata Isnaini lagi, bukan hanya BBM saja yang naik tapi berikut harga komoditi lainya ikut naik.

“Jadi memang semenjak kenaikan BBM ini tidak di pungkiri semua terasa sulit karena yang namanya imflasi semua bahan kebutuhan pokok (Sembako)semua ikut naik. Bahkan, uang yang nilainya kita anggap besar namun seolah-olah tidak berarti,” jelas Isnaini.

Kemudian, Isnaini melunjutkan, di tengah-tengah kesulitan warga sekarang ini, pemerintah hadir di waktu yang sangat tepat, yaitu memberikan bantuan beras premium kepada warga masyarakat Kecamatan Way Lima, umumnya pada warga Bumi Andan Jejama.

“Jadi bantuan yang diberikan pemerintah pesawaran sudah jelas sangat membantu meringankan beban kami. Maka, atas nama pribadi sekaligus mewakili warga yang hadir disini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar -besarnya pada bapak Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona maupun dengan dinas instansi terkait. Selain itu, kami juga mendo’akan, mudah -mudahan bapak bupati senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan Awalludin SE,.MM., mengatakan, bantuan tersebut diberikan khusus pada warga yang terdampak kenaikan BBM. Namun, kata Awalludin sasarannya ialah, tukang ojek, sopir angkot dan pelaku UKM.

“Bagi warga yang menerima bantuan beras ini adalah sebanyak 5 kg perorangnya. Adapun bantuan beras premium tersebut dari bapak Bupati selaku pemerintah Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Lanjutnya, Untuk Kecamatan Way Lima, Pemerintah Pesawaran menyalurkan Bantuan Sosial Bahan Pangan Berupa Beras Premium ini sebanyak 8.360 kg. Kemudian beras itu nanti dibagi ke Desanya masing-masing sesuai dengan urutan dan daftar nama penerimanya.

“Perlu di pahami, bantuan ini terbatas dimana pemerintah pusat melalui Kementrian Keuangan nomor 134 agar pemerintah daerah menyesihkan sebagian dari dana transfer umum supaya dialihkan untuk dana dampak imflasi akibat naiknya harga BBM,” kata Awal lagi.


Selain itu, Awaluddin meminta kerjasama seluruh Kepala Desa supaya menyelesaikan administrasinya. Karna, kata Awal, jika sudah diterima oleh warga nanti dibulan desember akan di salurkan lagi untuk tahap ke III kalinya. Dan bantuan yang di salurkan hari ini adalah bentuk perhatian bapak bupati terhadap warga masyarakatnya Way Lima, umumnya warga pesawaran.

“Mudah -mudahan bantuan ini bermanfaat bagi warga yang terdampak, namun juga bapak ibu agar tidak melihat nilainya tapi inilah bentuk perhatian dari pemerintah untuk meringankan beban warganya. Selain itupula saya minta agar warga selalu menjaga kesehatan dan tetap dalam pratokol kesehatan, sebab covit masih ada jangan sampai kita terlena,” pesan Awaluddin mengahiri sambutannya. (MP)