Lampung Craft ke-III, Pemkab Way Kanan Kenalkan Motif “Kemudik”

Way Kanan – Pada gelaran Lampung Craft Ke-III Pada bulan Oktober Tahun 2022 Kabupaten Way Kanan secara khusus memperkenalkan Motif yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Way Kanan Yaitu Motif “Kemudik” dan kini Alhamdulilah sudah mendapatkan Hak Cipta dari kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Diketahui Ikan kemudik merupakan bagian dari fenomena disaat ikan–ikan di sungai Way Kanan melakukan siklusnya. Ketika air pasang, ikan-ikan di sungai Way Kanan membesarkan dan mempersiapkan anaknya di sungai utama dan hanyut hingga hilir sungai, ketika air kembali surut, anak–anak ikan yang berjumlah mencapai jutaan dengan berbagai jenis bergerak secara bergerombol menuju hulu sungai. Ini adalah masa-masa yang ditunggu warga disepanjang Sungai Way Kanan dan sekitarnya karena biasanya hanya terjadi satu tahun sekali. Fenomena ikan mudik atau migrasi dari hilir menuju hulu sungai menjadi berkah bagi masyarakat beberapa kampung di sepanjang Sungai Way Kanan.

Ayo Warga Way Kanan Asyik Kita Bersama-sama Mengangkat Motif Kemudik ini dengan mencantumkan motif di berbagai macam desain seperti Batik, Banner, Kaos, kerajinan dan sebagainya karna kini sudah resmi tercatat di Kemenkumham. (Hendri)