PMII Rayon Tarbiyah Gelar MAPABA Sekaligus Seminar Pendidikan

Bandarlampung – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Tarbiyah Komisariat Raden Intan Lampung menyelenggarakan Agenda Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA), didahului agenda berupa Seminar Pendidikan yang merupakan bentuk citra PMII Rayon Tarbiyah.

Pada tanggal 10-13 November 2022, PMII Rayon Tarbiyah menyelenggarakan 2 agenda, Seminar Pendidikan dan Masa Penerimaan Anggota Baru. Dengan narasumber Seminar Pendidikan yakni, Azuwasyah, S.Ag (DPRD Provinsi Lampung), menjelaskan tentang materi berupa tantangan pendidikan di era digital pada abad 21, Hatma Syukria, S.Si, M.Pd (Dinas Pendidikan Pengawas SMA Capdinwil 2 ) , menjelaskan terkait pendidikan di tahun 2045, selanjut nya Prof. Dr. Subandi, M.M (Wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) memaparkan paradigma pendidikan di globalisasi.

Selanjutnya PMII Rayon Tarbiyah melaksanakan agenda Masa Penerimaan Anggota Baru ( MAPABA), dengan mengangkat tema “Mewujudkan Anggota PMII Rayon Tarbiyah yang militan, Berintegritas, Serta Berintelektual dengan Berideologikan Ahlussunnah Wal Jamaah”. Berlokasikan di Pondok Pesantren Daar El Faatih dalam asuhan KH. Rahmat Hidayat.

Adapun peserta dalam agenda ini ada 50 orang. Dan yang hadir dalam agenda MAPABA ini para senior PMII, dan luar biasanya lagi Alhamdulillah kedatangan Wakil Rektor 2 UIN Raden Intan Lampung.

Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)
Ini merupakan agenda besar bagi ranah PMII Rayon. Dengan harapan ketua rayon selama 4 hari ini peserta dapat mengikuti kegiatan dengan khidmat sehingga bentuk asupan pendidikan yang sudah diberikan dan bentuk doktrin nilai-nilai yang ada di PMII ini bisa tersampaikan pada peserta dengan baik.

Dan agenda ini bisa menjadi langkah awal untuk calon Anggota PMII Rayon Tarbiyah mendapatkan ruang mengasah kemampuan dalam ruang yang ada di PMII Rayon Tarbiyah, baik secara nalar dan gerakan. Ini sesuai dengan tujuan PMII yang terdapat dalam AD/ART (BAB 4 PASAL 4) yakni ” Terbentuk Pribadi Muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap, dan bertanggungjawab dalam mengalahkan ilmunya, serta komitmen memperjuangkan cita cita kemerdekaan Indonesia”.

Dan tujuan lainnya agar pribadi anggota PMII Rayon Tarbiyah berguna bagi agama nusa dan bangsa, sehingga mampu untuk menjadi aktor dalam kehidupan masyarakat. (*”)