Bantu Korban Banjir, Kapolres Pesawaran Ikut Bergoyong Royong Membersihkan Jalan

Pesawaran – Polres Pesawaran – Polda Lampung. Peduli bencana banjir, Polres Pesawaran kembali membantu warga masyaraka yang terkena musibah bencana banjir di Desa Sukamaju dan Desa Pagar Jaya, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Rabu (09/11/2022).

Bahkan Kapolres turun lansung membantu warga bergotong royong membersihkan tanah lonsor dan puing kayu yang menimbun akses jalan desa tersebut.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo S.IK, M.Si (Han) menyampaikan, langkah tersebut wujud nyata Polri peduli bencana alam yang melanda di dua (2) Desa wilayah hukum Polsek Padang Cermin.

“Jadi kami hadir ditengah-tengah masyarakat tidak hanya menangani permasalahan hukum saja, namun juga peduli dengan bencana alam banjir seperti yang terjadi di Desa Sukamaju dan Desa Pagar Jaya Punduh Pedada Pesawaran,” ujar AKBP Pratomo Widodo saat dikonfirmasi, Kamis (10/11).

Kapolres menyampaikan lagi, banjir itu disebabkan curah hujan yang tinggi dan adanya pendangkalan sungai, ditambah tanggul jebol hingga debet air sangat besar. Akibat banjir ini, kata Kapolres lagi,
banyak peralatan warga yang terendam banjir.

“Bantuan Ini kami berikan nasi bungkus pada warga yang terdampak banjir.Kemudian, penyebab banjir adalah tidak tertampungnya kiriman air dari gunung Talang Langgar saat hujan lebat dan meluapnya air sungai memasuki rumah warga maupun fasilitas umum dengan ketinggian air -/+ satu (1) sampai satu setengah (1,5) meter.

“Banjir di Desa Sukamaju ini melanda empat (4) Dusun, terdapat 200 Rumah warga yang terendam, termasuk Masjid, Kantor desa, Puskesmas, SDN, dan Pasar, serta akses jalan antara Desa Sukamaju dan Pagar Jaya tertimbun oleh longsor sepanjang sekitar 20 Meter,” jelasnya.

Lanjutnya, Kapolres menjelaskan, banjir menyebabkan pagar sekolah SDN Sukamaju rubuh dan hanyutnya warung-warung pedagang kaki lima, serta jembatan penghubung Dusun enam
(6) patah dan satu (1) rumah terkena longsor.

“Musibah banjir ini juga dialami oleh warga Desa Pagarjaya. Dalam musibah banjir di Desa Pagar Jaya yaitu melanda Dusun Jaya Tani B terdapatnya lumpur memasuki rumah warga di RT 01 sebanyak enam puluh (60) Rumah, dan RT 02 sebanyak tiga puluh tujuh (37) rumah, begitu pun di Dusun Jaya Tani A terdapat tujuh puluh tujuh (77) Rumah,” Kata Kapolres.

Tak hanya itu Kapolres menambahkan, banjir di Desa Pagarjaya telah menggenangi sebanyak 30 rumah warga
di Dusun Benuangan
dan 1 Masjid serta 1 rumah warga yang memgalami rusak parah.

“Sedangkan di Dusun Pagar Harapan, sebanyak tiga puluh (30) Rumah maupun fasilitas umum, beserta SDN 11 Punduh Pedada, Paud, Masjid Al-Ikhlas tergenang banjir, terutama akses jalan Desa rusak dan terkena Longsor di beberapa titik jalan,” tandasnya.

Dukerahui dalam kegiatannya, selain Kapolres juga hadir bersama Kasat Intelkam Iptu Dartio Santiko, Kasat Lantas AKP Martoyo S.IP., M.H, Kasat Binmas Iptu Matera, Kapolsek Padang Cermin Iptu Apri Sampanuju, SH, serta KBO Sat Shabara Iptu Waris, dan sepuluh (10) Personil Polsek Padang Cermin.

Juga melibatkan BPBD Kabupaten Pesawaran, Camat Punduh Pedada Salpani, SP, Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran Fahmi Falevi, Kades Sukamaju Virman Ardana, Kades Pagar Jaya, Fauzi, beserta masyarakat dari Desa Sukamaju dan Desa Pagarjaya. (MP)