Refleksi Sejarah, LampungNgopi Gelar Bedah Buku “Sejarah Pergerakan Nasional”

Bandarlampung – Komunitas Baca Lampung NGOPI akan menggelar Bedah Buku yang bertema kan “Refleksi Peran Santri, Ulama, dan Pemuda Dalam Panggung Sejarah Nasional”, Rabu (09/11/2022).

Kegiatan ini akan berlangsung pada Hari Kamis, tanggal 10 November 2022 Pukul : 08:00 Wib, bertempat di GSG Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Judul buku yang akan dibedah yaitu “Sejarah Pergerakan Nasional”, yang di tulis oleh Wahyu Iryana.

Berangkat dari minimnya wawasan historis di kalangan pemuda, dalam hal ini mahasiswa, Indri Ayu Ning Tyas selaku Ketua Komunitas memaparkan bahwa kegiatan ini digelar bertujuan untuk memperluas wawasan historis dan membuka cakrawala intelektual mahasiswa dalam hal sejarah sebagai bentuk refleksi peran sejarah dan kaitannya dengan masa kini.

Bedah buku tersebut akan dihadiri oleh tiga orang Narasumber yakni penulis buku itu sendiri (Dr. Wahyu Iryana), Akademisi Universitas Lampung (M. Iwan Satriawan, M.H), dan juga hadir tokoh pemuda Lampung yang juga ketua DPD KNPI Provinsi Lampung (Bung Iqbal Ardiansyah, S.Si, M.M) yang akan menilik buku tersebut dalam persepektif pemuda. 

“Kegiatan ini akan memberikan gambaran tentang peran santri dan pemuda di zaman pra-kemerdekaan sekaligus disampaikannya peran santri dalam hal ini pemuda dengan perannya dalam mengawal pembangunan bangsa kedepannya”, ujar Agung Fajri selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

Dalam kegiatan ini, Komunitas Baca Lampung NGOPI juga turut melibatkan seluruh elemen organisasi mahasiswa internal kampus, OKP yang ada di lingkup Bandar Lampung, dan juga para pegiat literasi se-Provinsi Lampung.

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini dapat membangkitkan kembali semangat pemuda khususnya mahasiswa dalam membangun dan merawat kembali budaya intelektual yakni membaca, diskusi, dan menulis,” harap Agung Fajri kepada diksinusantara.com. (Kybar)