Saatnya Yang Muda Berkarya Membangun Desa

Pesawaran – Saatnya yang muda berkarya membangun Desa, itulah slogan harapan warga Desa Suka Jaya Kecamatan Way Khilau kepada empat (4) anak muda yang akan ikut dalam kontestan pemilihan Kepala Desa di bulan desember 2022 mendatang.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Ketua panitia penyelenggara pemilihan Kepala Desa Fiska Setiawan setelah menetapkan balon kades menjadi calon kades yang dilanjutkan dengan pengundian penetapan nomor urut untuk ke 4 calon kepala desa.

Fiska menyampaikan, pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 tinggal menghitung hari. Saat ini, kata Fiska, sudah memasuki tahapan penetapan calon dan penetapan nomor urut untuk para Calon Kepala Desa.

“Atas nama panitia dan sebagai warga masyarakat Desa Suka Jaya, kami banyak menaruh harapan pada 4 calon kepala Desa yang masih sangat muda dan inerjik. Oleh karna itu, moment sekarang ini adalah kesempatan untuk ke 4 calon supaya berkarya nyata membangun Desa agar menjadi lebih baik lagi kedepannya” kata Fiska saat di mintai keterangannya di Balai Desa setempat, Kamis (3/11/22).

Uniknya, kata Fiska lagi, pada pilkades ini nanti, untuk warga Desa tetangga yang bertempat tinggal di Desa Suka Jaya atau identitasnya masih ikut Desa tetangga, mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkades Desa Suka Jaya mendatang.

“Salah satu contoh warga Desa Padang Cermin ada Dua KK, Desa Tanjung Kerta ada kisaran 10-15 KK mereka mempunyai hak pilih dalam pemilihan kepala desa ini nanti. Walaupun identitas mereka bukan dari warga Desa Suka Jaya” jelasnya.

Untuk diketahui nama-nama 4 calon kepala Desa Suka Jaya ialah nomor urut 1, nama Ferizal, nomor 2 Tarmizi, nomor 3 M.Noverdi Adhitama dan nomor 4 Bahrul Ilmi.

Fiska melanjutkan, bagi warga masyarakat Desa Suka Jaya yang tida memiliki Kartu Pengenal atau KTP, maupun Kartu Keluarga (KK), itupun diperbolehkan menggunakan hak pilihnya.

“Sedangkan untuk tahapan berikutnya sesuai Perbub 74 setelah penetapan calon, pada tanggal 4 november (Jum’at red) penetapan DPT dan lansung pada tanggal 5 november pengumuman DPT. Setelah itu dari tanggal 6 sampai 14 november adalah pendistribusia surat suara berikut alat kelengkapan. Setelah itu, tahapan kampanye akan dilaksanakan sejak tanggal 11 Desember sampai 13 desember” tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Suka Jaya Elfizar dalam arahannya meminta warganya agar menjaga kondosifitas keamanan pada perhelatan Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan desember 2022 mendatang.

“Jangan sampai saat pemilihan nanti warga ribut saling gontok-gontokan kemudian jangan memancing keributan. Karena siapapun nanti yang terpilih itulah pemimpin kita dan itulah Kepala Desa Suka Jaya. Maka tolong sama-sama menjaga kondosifitas keamanannya agar tidak terjadi dari hal yang tidak kita inginkan” pungkasnya. (MP)