Anggota DPRD Fraksi PDI-P Pesawaran, Minta Pemda Cepat Perbaiki Tanggul dan Penyelesain Batas Wilayah

Pesawaran – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Pesawaran Fraksi PDI-Perjuangan, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran segera membenahi tanggul yang rusak dan membuatkan kanal agar warga dusun 5 rawa kijing tidak lagi mengalami kebanjiran. 

Hal ini dikemukakan oleh Heri Yurizal saat memberikan bantuan sembako sekaligus meninjau lansung warga rawa kijing yang terdampak banjir bandang beberapa hari lalu, Kamis (3/11/22).

Dalam kunjungannya di Dusun 5 Rawa Kijing Desa Sindang Garut itu, anggota DPRD Komisi III ini mengatakan, Desa Sindang Garut Dusun Rawa Kijing memang sudah menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Namun, katanya,  banjir tahun ini lebih besar dari tahun -sebelumnya karena salah satu tanggul penahan banjir di dusun itu jebol tergerus air. 

“Ini adalah bentuk kepedulian dan  perhatian DPRD Fraksi PDI-P terhadap warga rawa kijing yang terkena bencana banjir. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban warga pasca banjir ” jelas Heri, 

Lanjutnya lagi, Heri sapaan akrab anggota DPRD davil 5 yang juga mantan Kepala Desa Banjar Negri ini mengatakan, sebelumnya ia juga telah memberikan bantuan yang sama pada warga Way Lipang  Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau. 

“Ya, sebelumnya saya juga telah memberikan bantuan sembako berupa minyak goreng dan beras di Desa Tanjung Rejo. Dan kalau tidak ada halangan saya akan melihat warga yang terkena bencana banjir di Dusun Pahmungan Desa Way Kepayang Kecamatan Kedondong” jelasnya. 

Kemudian, Heri menambahkan, meski bencana banjir sudah beransur membaik,namun warga setempat sangat mengharapkan pada pemerintah pesawaran agar cepat memperbaiki tanggul-tanggul yang jebol akibat banjir. Dan juga warga minta akses jalan di dusun setempat dibangun. 

“Itu salah satu ke inginan warga yang di sampaikan pada saya. Mereka meminta agar pemerintah secepatnya memperbaiki tanggul yang jebol, jika lama tidak diperbaiki  di hawatirkan banjir susulan datang lagi. Selain itu, warga minta dibuatkan kanal atau siring yang besar untuk saluran pembuangan air” ucap Heri menyampakan ke inginan warga.  

Tak hanya itu saja, Heri juga meminta pada Pemda Pesawaran agar turun tangan dalam penyelesain batas wilayah yang ada dusun rawa kijing. Karena, kata Heri, di dusun tersebut telah di klaem bahkan sudah dipasang patok bahwa dusun 5 rawa kijing  masuk dalam wilayah Kabupaten Pringsewu. 

“Supaya warga tenang, nyaman dan demi menjaga agar tidak terjadi hal -hal yang tak di inginkan, maka diharapkan pemda pesawaran segera turun tangan dalam menyelesaikan persoalan batas wilayah ini” pinta Heri. 

Heri menambahkan, warga masyarakat dusun 5 rawa kijing bersi kekeh, bahkan kata Heri, masyarakat setempat tidak mau lepas dari pesawaran. Kemudian  warga rawa kijing mengaku akan selamanya tetap menjadi warga Bumi Andan Jejama. 

“Sejak tahun 1970 an, warga dusun rawa kijing sudah berdomisili disini dan meraka juga sudah tercatat sebagai warga pesawaran. Makanya mereka tidak mau  tempatnya di klaem masuk Kabupaten Pringsewu” tutupnya. (MP)