Dosen PAI UIN Lampung Jadi Pemateri Kuliah Umum di Kampus UNIB

Bandarlampung – Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung, Dr Heru Juabdin Sada MPdI , menjadi pemateri Kuliah Umum dan Dosen Tamu di Universitas Bengkulu (UNIB).

Kegiatan tersebut diadakan pada 21-22 Oktober 2022 yang diselenggarakan oleh Prodi Doktor Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB untuk memberikan semangat dan motivasi dalam melakukan perkuliahan.

Di hadapan seluruh mahasiswa S3 Prodi Doktor Pendidikan yang hadir, Dr Heru menyampaikan Kuliah Umum dengan tema Pedagogi dan Wawasan Pendidikan. Dia menegaskan mahasiswa harus mampu menjadi motivator dan inspirator terhadap lingkungan sekitarnya.

Pada hari kedua, Dr Heru memberikan materi Kuliah Tamu kepada mahasiswa semester 1 S3 Prodi Doktor Pendidikan, terkait mata kuliah Metodologi Penelitian Analisis Data Kualitatif menggunakan software NVivo 12 Plus agar dapat diterapkan dan melatih para mahasiswa untuk mengatasi subjektivitas dalam penelitian kualitatif.

Menurutnya, tantangan terbesar bagi peneliti kualitatif adalah subjektivitas (researcher-biased), validitas, dan reaktivitas. “Tantangan tersebut cukup sulit diatasi jika peneliti menganalisis data secara manual,” ujar Dr Heru.

Oleh karena itu, lanjutnya, NVivo membantu untuk memisahkan data yang bersumber dari informan, peneliti, serta secondary sources (buku, laporan hasil penelitian, artikel-artikel jurnal, isi website, dokumen-dokumen sejarah berita online, prosiding konferensi, catatan lapangan, anotasi bibliografi, dan bahkan jurnal harian peneliti yang tersimpan dalam NVivo).

Dia juga mengatakan bahwa NVivo memastikan bahwa data bersumber dari lapangan serta efektif untuk triangulasi data dan peneliti.

Sementara itu, Ketua Prodi Doktor Pendidikan, Prof Dr Sudarwan Danim mengungkapkan harapannya yang begitu besar kepada para mahasiswa agar dapat menjadi sukses. “Untuk menjadi mahasiswa sukses, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah mahasiswa perlu untuk fokus pada tujuannya agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu,” ujarnya.

Sekretaris Prodi Doktor Pendidikan, Dr Muhammad Kristiawan MPd mengapresiasi dan berharap mahasiswa dapat menggunakan NVivo pada penyelesaian tugas akhir disertasi mahasiswa. (Rls/HI/Red).