Kemenag Pesibar Lakukan Seleksi MT2QM Tahun 2022

Pesisir Barat – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menggelar seleksi Musabaqah Tahfidz dan Tilawah-Quran Madrasah (MT2QM) tahun 2022, tingkat Kabupaten yang dipusatkan di MAN 1 Pesisir Barat, Selasa (25/10/2022).

Kasi Pendidikan Islam, Ahmad Khotob, S.Ag, M.M., mendampingi Kepala Kantor Kemenag Pesbar, Hi.Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan, kegiatan MT2QM yang dilaksanakan ini merupakan tindakan lanjut dari program Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Lampung, yang bertujuan salah satunya untuk mencari bibit-bibit penghafal Al Quran.

“Selain itu juga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memiliki bibit calon Qori-Qoriah dari kalangan Madrasah yang ada di seluruh Kabupaten Pesbar ini kedepan,” katanya.

Lanjutnya, mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan MT2QM tingkat Kabupaten Pesbar ini juga dapat mewujudkan serta membumikan nilai-nilai Al Quran kepada seluruh siswa yang ada di lingkungan Madrasah dalam kehidupan sehari-hari, maupun dilingkungan keluarga dan masyarakat.

Karena itu, setelah dilaksanakannya kegiatan ini, Kemenag Pesbar juga akan kembali melakukan pembinaan terhadap para peserta terbaik dan berbakat dibidang tahfidz dan tilawah tersebut.

“Karena bagi peserta terbaik yang berprestasi dalam seleksi tingkat Kabupaten Pesbar ini nanti akan mewakili Kabupaten Pesbar dalam kegiatan MT2QM tingkat Provinsi Lampung pada 29 November 2022 mendatang,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam kegiatan seleksi MT2QM tingkat Pesbar ini seharusnya diikuti sebanyak 48 peserta, namun dua peserta tidak bisa hadir karena sakit, sehingga diikuti 46 peserta, antara lain peserta dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 12 peserta, peserta dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 24 peserta dan Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 10 peserta.

“Seluruh peserta yang mengikuti ajang seleksi ini merupakan peserta terbaik perwakilan dari seluruh Madrasah yang ada di Kabupaten Pesbar ini. Peserta terbaik nanti akan mendapat hadiah, piagam penghargaan dan tropi. Sedangkan, untuk peserta yang berhasil meraih juara pertama akan mendapat tabungan pendidikan,” pungkasnya. (Jhon)