Ketum DPP KNPI : Pemuda Harus Berpolitik

Bandarlampung – Jika ingin memperbaiki dan mewujudkan cita-cita bangsa pemuda harus berpolitik. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum DPP KNPI disela pelantikan pengurus DPD KNPI Provinsi Lampung, Kamis (13/10/2022).

“Kita harus ajarkan anak muda untuk berpolitik, bukan berpartai, dan itu di KNPI, demi menjaga dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi,” Kata Bung Haris di Ballroom Swiss-Belhotel.

Ingat, lanjutnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia diciptakan dan hadir sebagai Laboratorium kepemimpinan, “Kita anak muda adalah generasi perubahan di masa depan, maka harus kritis, berani dan energik, membentuk anak-anak muda yang nantinya berkancah di partai politik masing-masing, dan KNPI untuk Rakyat,” ujarnya.

Haris Pertama juga mengatakan, sejumlah partai politik besar telah membuka kesempatan bagi anak-anak muda untuk melakukan perubahan.

Seperti Banteng Muda Indonesia (BMI) PDIP, Garda Pemuda NasDem, Angkatan Muda Pembangunan Indonesia (AMPI) Golkar, dan Barisan Muda (BM) PAN.

“Untuk masuk ke parlemen atau legislatif harus berpolitik. Enggak bisa tanpa politik,” kata dia.

Haris mengingatkan bahwa anak-anak muda harus menunjukkan kemampuannya sebagai orang politik yang memiliki pemikiran tentang kemajuan suatu negara.

“Itu akan dinilai oleh ketua umum-ketua umum partai. Saya yakin bahwa sampai detik ini, KNPI banyak menghasilkan pemimpin, baik di tingkat pusat maupun daerah,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Lampung, Arinal Djunaidi, mengatakan Partai Golkar merupakan partai yang profesional.

“Mau tua, mau muda, yang penting dia mau berkarya. Kalau yang muda mampu berkarya, itu saya buka pintu sebesar-besarnya,” kata Arinal.

“Golkar itu organisasi fungsional, yang cerdas dia bisa maju,” tegas Gubernur Lampung ini.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Lampung, Yanuar Irawan, mengklaim PDI Perjuangan satu-satunya partai yang melakukan regenerasi politik.

“Kita selalu memberikan kesempatan kepada anak muda, bahkan mungkin PDIP hanya satu-satunya,” kata dia.

Anggota DPRD Provinsi Lampung ini menjelaskan proses regenerasi politik dilakukan melalui mekanisme pencalonan legislatif.

“Secara undang-undang anggota dewan ini tidak ada batasan (periodisasi). Tapi di internal PDI Perjuangan, hal itu dibatasi tiga kali di tingkatan yang sama,” ujar dia.

Anggota legislatif yang terpilih tiga periode, kata dia, dianjurkan untuk naik kelas atau pindah daerah pemilihan.

“Dan itu berlaku untuk seluruh Indonesia. Kecuali ada izin khusus dari DPP. Kalau yang DPR RI biasanya Bu Ketum langsung yang memberikan izin itu,” pungkas Yanuar.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Ketua Umum KNPI Haris Pertama tegaskan pemuda harus berpolitik.

Bahwa KNPI harus berfungsi maksimal membuktikan jati dirinya sebagai laboratorium kepemimpinan pemuda.