Miris!!! Empat Kantor Kelurahan di Kecamatan Menggala Tak Terawat

Tulang Bawang – Empat Kantor Kelurahan di Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang kondisinya sangat memprihatinkan dan sangat membutuhkan perhatian khusus dari Pemkab Tulang Bawang, Kamis (13/10/2022).

Pasalnya, Salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya menjelaskan, saat dirinya ingin membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) malah diminta membuat sendiri oleh pegawai kelurahan.

“Ya, kemarin saya ingin membuat surat keterangan tidak mampu di kantor Kelurahan, namun saya disuruh membuat surat tersebut di Rentalan Komputer, dikarenakan dikelurahan tersebut tidak memiliki fasilitas atau perangkat Komputer,” ucapnya.

Sambungnya, Saya kan heran, masa iya sebuah kantor kelurahan tidak ada komputernya, sedangkan kantor kelurahan kan difasilitasi oleh pemerintah setempat.

“Saya jadi heran, kok malah kami sendiri yang buat di Rentalan komputer”. Cetusnya kepada awak media.

Saat ditemui diruang kerjanya, Salah seorang Lurah yang enggan disebutkan namanya membenarkan terkait kabar yang beredar mengenai masyarakat yang diminta untuk membuat SKTM sendiri.

“Ya, benar sekali kalau masyarakat jika ingin membuat surat tidak mampu atau sejenisnya, maka kami sarankan ke Rentalan Komputer. Dikarenakan dikantor kami komputernya tidak ada, alias rusak sudah lama,” ungkapnya.

Lanjutnya, bukan itu saja itu, untuk alat kantor kami saja ini hasil sumbangan dari para RT dan bukan merupakan fasilitas yang diberikan oleh Pemkab Tuba.

“Bahkan untuk pelayanan prima empat Kelurahan, terhadap masyarakat itu tidak terpenuhi dikarenakan peralatan kantor kami tidak memadai, serta kami juga mempertanyakan terkait dana kelurahan yang dari pusat itu, sebab tidak terealisasikan, dulu tahun 2019-2020 dana tersebut ada namun kenapa sudah dua tahun ini tidak keluar, bahkan pernah kami tanyakan dari pihak Dinas menjawab masih di pending,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, melalui Via WhatsApp, Lurah lain yang enggan menyebutkan namanya juga menyarankan, agar adanya penyegaran di lingkup kantornya.

“Ya, seperti Lurah dan Sekretaris Lurah (Seklur), Kasi serta Staf kantor perlu diroling agar tidak jenuh karena sudah kelamaan menjabat (Penyegaran suasana baru),” jelasnya.

Saat dihubungi melalui Via WhatsApp, Anis Andriyanto, S.E.,M.M selaku Camat Menggala menjelaskan, dirinya akan mengecek terlebih dahulu serta koordinasi dengan lurah tersebut.

“Ya nanti kita koordinasi dengan Lurah mengecek kendala yang ada, ya saya juga dulu pernah minta dengan tim panembahan anggaran, kalau hanya mengandalkan komputer cuma satu mana mungkin cukup untuk pelayanan, bahkan dulu saya juga pernah menyuruh salah satu Lurah untuk membuat nota Dinas ke Pemda, bila perlu tambahin ada pengadaan atau kita minta ke Pemda untuk pengadaan komputer yang tidak terpakai lagi, agar dapat dikirim ke setiap Kelurahan. Cuman untuk saat ini, ya kita coba buat surat lagi, karena kita memang pernah mengajukan juga, bukannya kita tidak pernah berupaya”. Tutupnya.

Diketahui, empat kelurahan tersebut terdiri dari Kelurahan Menggala Kota, Kelurahan Menggala Tengah, Kelurahan Ujung Gunung dan Kelurahan Menggala Selatan. (Tim)