“Upaya Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana”, Bupati Dendi Hadiri Apel Siaga

Pesawaran – Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona K,ST.M.Tr.I.P mengingatkan semua satuan kerja dan stakeholder untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam upaya penanggulangan bencana baik secara personal maupun secara organisasi.

Hal itu dikatakan Dendi saat menghadiri acara Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Pemkab Pesawaran, Rabu (12/10/2022) . 

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Apel Siaga merupakan suatu moment penting yang harus dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

“Wilayah Kabupaten Pesawaran yang kita cintai ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, dimana secara geografis Wilayah Kabupaten Pesawaran terdiri dari daerah Pesisir pulau dan pantai, selain itu peawaran merupakan daerah pegunungan, daerah hutan  dan daerah yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak, yang kesemuanya ini dapat menjadi potensi ancaman terjadinya bencana” katanya. 

Lanjutnya, Paradigma Penanggulangan bencana saat ini harus mengedepankan upaya preventif atau Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta upaya persepektif responsive atau penanganan darurat. 

“Dalam upaya penanggulangan bencana ini diharapkan dapat meminimalisir korban dan kerugian yang timbul akibat bencana, sesuai dengan tema Apel Siaga Bencana Kita Pada Tahun 2022 ini yaitu “Bersama Kita Tangguh”. Dengan Hastag #jejama kham tangguh”,jelas Dendi. 

Dendi juga mengatakan penanggulangan bencana sangat tergantung dari pola perilaku kita, yaitu perilaku yang harmoni dengan alam dan perilaku yang aman bencana (safety culture). Untuk itu, perlu revolusi mental merubah perilaku menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan, organisasi, masyarakat, komunitas, keluarga dan individu agar mampu menanggapi bencana secara cepat dan tepat.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau, marilah kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana yang dimulai dari diri kita, keluarga dan Komunitas, karena kita semua sadar bahwa bencana datang pada tempat dan waktu yang tidak kita ketahui”,tutupnya. (MP)