“Diduga Melakukan Penyelewengan ADD”, Kakon Sawang Balak Bakal Dilaporkan Ke Kejati

Tanggamus – Kepala Pekon (Kakon) Sawang Balak, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus diduga telah melakukan Penyelewengan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2022.

Melalui beberapa informan, kepada Redaksi Diksinusantara.com mengatakan bahwa, salah satu item kegiatan diduga telah di Mark-up yakni pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang menggunakan 20% Dana Desa yang berkisar Rp. 152.223.400; dari total ADD Sebesar Rp.761.117.000;. Jum’at (07/10/2022).

“Kita sempat mengecek kelapangan saat pembangunan jalan tersebut berlangsung. Kuat dugaan dalam realisasinya JUT tersebut telah di Mark-up. Boleh di Bongkar cek saja bagaimana kondisinya,” Kata narasumber yang harus kami rahasiakan identitas nya itu.

Selain itu, kuat dugaan Kakon Sawang Balak itu juga telah melakukan Penyelewengan Anggaran lainnya, seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang menjadi hak masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Informasi terakhir, BLT tersebut baru di salurkan dua bulan, sedangkan menurut informasi yang kami peroleh Kakon Sawang Balak ini mengatakan bahwa untuk yang satu bulan nya itu dimasukkan ke Rekening, maka terindikasi adanya tindakan upaya penyelewengan atas anggaran tersebut,” Jelasnya.

Sementara itu, Sultan selaku Ketua Tim Advokasi Hukum dan HAM Gerakan Aktivis Kawal Reformasi (GAKAR) Eksekutif Lampung akan melakukan penelusuran dan investigasi lanjutan atas dugaan tersebut, dan jika ditemukan fakta dan data yang konkrit maka pihaknya akan melaporkan kepada pihak Aparat Penegak Hukum (APH).

“Kita akan dalami, pengumpulan data dan fakta akan kita lakukan. Tim khusus akan kita terjunkan. Setelah itu akan kita lakukan kajian atas data-data yang nanti kita peroleh, jika benar adanya dugaan yang di maksud kan maka kami akan laporkan ke Kejaksaan Tinggi Lampung,” Ungkapnya. (Kybar)