Dugaan Proyek Terindikasi KKN Ditemukan Di Disdikbud Lampung Barat

Lampung Barat – Dugaan proyek terindikasi Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) ditemukan dibeberapa proyek yang ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat.

Rahman Ketua Umum Gerakan Solidaritas Analisis Kebijakan (GASAK) Lampung menyampaikan beberapa temuan item paket proyek dilingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten
Lampung barat terindikasi dugaan korupsi, antara lain;

  1. Rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta prabotan di SDN 2
    Hanakau DAK/RHB 18 Rp. 264.000.000 dimenangkan oleh CV. Setiwang indah
  2. Rehabilitasi ruang perpustakaan dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta prabotan di
    SDN 1 Suka Mulya sebesar Rp. 123.000.000
  3. Rehabilitasi rumah dinas guru dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta prabotan SDN 1
    BUAY NYERUPA Rp. 112.500.000

Ramhan mengatakan, realisasi proyek diatas diduga mengandung banyak unsur kejanggalan yang mengarah pada indikasi KKN, tim investigasi GASAK turun kelapangan melihat dan mengecek hasil pengerjaan realisasi proyek tahun anggaran 2021 diatas,

“Kondisi proyek sangat memprihatinkan, terhitung masih seumur jagung pengerjaan proyek diatas terlihat Nampak sudah hancur dan bobrok. Trindikasi mengandung banyak unsur kejanggalan yang mengarah pada dugaan tidak sesaui spek/rab, pengurangan volume dan Mark-up,” tuturnya, Kamis (06/10/2022).

Rahman juga meminta kepada Bupati Lampung Barat untuk mengevaluasi kinerja dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung barat dan mengambil tindakan tegas kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat Yang tidak baik
dalam pengelolaan anggaran serta pengawasan proyek dilingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Lampung Barat.

Pihaknya juga akan melayangkan surat kepada Bupati dan DPRD
kabupaten Lampung barat, serta meminta kepada APH, BPK RI Perwakilan Lampung, Kejati Lampung, Kejari Kabupaten Lampung Barat untuk membentuk tim audit investigasi, dikarenakan adanya indikasi dugaan Persekongkolan jahat pengondisian proyek, dan realisasi proyek yang beraroma korupsi/KKN, Serta adanya permainan usaha tidak sehat di lingkungan dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lampung barat.

Terkait permasalahan ini Rahman selaku Ketua Umum GASAK beserta jajaran akan turun aksi/demonstrasi berikut
laporan secara resmi terkait adanya indikasi dugaan KKN dilingkungan dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Lampung Barat tahun anggaran 2021. (*)