“Gelar Rakor” Pemkab Way Kanan Bahas TKPK 2022

Way Kanan – Pemerintah Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Tahun 2022. Rapat tersebut dipimpin oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Saipul yang berlangsung diruang kerjanya. Selasa (04/10/2022).

Dalam rapat itu, Sekda Saipul minta kepada seluruh anggota tim untuk segera melakukan percepatan dalam pengentasan kemiskinan khususnya kemiskinan ekstrim.

“Tupoksi kerjanya harus jelas, siapa yang menangani dan langkahnya harus jelas. Intervensi Organisasi Pemerintah Daerah juga harus dilakukan, Program penanggulangan kemiskinan ini disambungkan untuk program kerja OPD di tahun 2023 kita harus saling bersinergi,” kata Sekda Saipul.

Saipul menyampaikan, saat ini Pemerintah pusat fokus dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim dengan kategori warga miskin ekstrim satu orang dengan penghasilan dibawah 358. 233 ribu rupiah perkapita perbulan dalam konsumsi sandang pangannya. Untuk jumlahnya tersebar 4,7 persen sebanyak 21.370 jiwa yang sudah ditetapkan tersebar di 30 kampung yang berada di 10 Kecamatan di Kabupaten Way Kanan.

“Ada dua cara penanggulangan kemiskinan perlindungan meliputi jaminan Sosial dan pemberdayaan yakni bantuan modal usaha serta pelatihan usaha. Bantuan itu diberikan modal usaha dan dikelola untuk modal berikutnya,” tegas Sekda Saipul.

Dalam rapat ini pula dilakukan evaluasi dari capaian program satu perangkat daerah satu desa dampingan. Diharapkan dengan adanya inovasi program satu perangkat daerah satu desa dampingan yang sudah berjalan dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Way Kanan.

Rapat Kordinasi ini diikuti oleh, Tim TKPK Kabupaten Way Kanan yang terdiri dari Kepala Dinas (Kadis) Pemerintah Masyarakat Kampung, Kadis Sosial, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis kesehatan, Kadis TPHP, Kadis Pekerjaan Umum, Kadis Indag, Kadis Ketahanan pangan, Kadis Koperasi dan UMKM, Porapar, Kadis Perikanan Dan Kadis Perkebunan. (Hendri)