“Musdus Kota Jawa”, Warga Sepakat Lanjutkan Pembangunan Drainase

Pesawaran – Kompak, warga Dusun satu Desa Kota jawa Kecamatan Way Khilau sepakat untuk melanjutkan pembangunan Drainase kurang lebih sepanjang 200 meter yang berada di belakang Masjid Jami’ Babunnajah RT 02.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dusun (Kadus) Dusun satu Rustam Ependi saat memimpin jalannya kegiatan musyawarah tingkat dusun (Musdus) di kediaman rumah RT Mastur, Minggu (02/10/2022).

Untuk diketahui musdus ini ialah untuk menyerap pendapat dan keinginan warga terkait potensi-potensi yang ada di Dusun 1 Desa Kota Jawa, apa lagi dusun satu merupakan dusun induk.

Hadir pada kesempatan musdus itu, wakil Ketua BPD, Riadi Jaya Murni, Perangkat Desa, Kasi Keuangan, Antoni Hendrawan, Kadus Dusun 1 Rustam Ependi, RT 01, Mastur, RT 02, Syahdin, RT 03, Taisir, tokoh Adat, Dalom Sampurna Jaya, tokoh Agama, Amran Somad, tokoh masyarakat, Azhari Karim, tokoh Pemuda dan para undangan lainnya.

Mengawali pembukaan sambutannya, Rustam menghimbau warga dusun 1 dimana saat memberikan pendapat
ataupun usulan, harus melihat kembali dan mengidentifikasikan potensi-potensi yang ada di dusun setempat.

“Sehingga apa yang harus menjadi prioritas pembangunan ditahun 2023 nanti betul-betul dirasakan manfaatnya bagi warga masyarakat banyak khususnya bagi warga dusun 1” jelasnya.

Kemudian, sambungnya lagi, Kadus juga menegaskan pada warga yang mengikuti musdus agar penyampaian usulan juga harus melibatkan kepentingan untuk banyak orang.

” Musdus ini merupakan tahapan awal dalam proses pembangunan Desa, dimana hasil musyawarah dusun akan menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan” ucap Kadus.

Lanjutnya, Kadus juga mengatakan usulan-usulan warga, semuanya tertampung dalam musyawarah ini, mulai dari bidang Sosial, Kemasrakatan, Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Kepemudaan, Bidang Adat, ke Agamaan di tampung untuk diajukan pada musyawarah pembangunan desa.(Musrenbangdes) dana desa (DD) tahun 2023 nanti.

“Alhamdulilah hasil dari musdus ini warga masyrakat dusun 1 telah sepakat memprioritaskan di bidang infrastruktur yaitu melanjutkan kembali pembangunan drenase. Sebelumnya masyarakat mengajukan pengadaan tiang lampu 4 tiang, lampu jalan, pagar makam, pembangunan drenase, namun dikarnakan dilihat dari segi manfaatnya warga lebih memilih untuk melanjutkan kembali pembangunan drenase” tutup Kadus. (MP)