Kunker Irjen Kemendagri Tomsi Thohir Disambut Prosesi Adat, Wabup Lambar Turut Hadir

Lampung Barat – Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin didamping Sekda Lambar Drs. Nukman,MM menghadiri Kunjungan kerja Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw M.SI, yang merupakan Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beserta rombongan dalam rangka Acara Prosesi Adat, bertempat di Ruang Margayasa Gedung Dalom Kepaksian Pernong Jln Raya Pekon Balak, Batu Brak, Lampung barat, Minggu (2/10/2022).

Kegiatan acara kunjungan kerja Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw M. SI, Ke Kepaksian Pernong Sekala Brak, berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Dalam acara ini dilaksanakan juga Prosesi pemberian gelar – gelar dan Penyerahan lencana kerajaan dan penyerahan piagam adat PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak yang di pertuan ke-23.

Acara ini turut dihadiri Komandan Kodim 0422/LB. Letnan Kolonel Czi Anthon Wibowo di wakili oleh Kasdim 0422/LB Mayor Inf Wawan Cahya Gunawan, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.IK, M, Dewan Adat Kepaksian Pernong, Sekretariat Gedung Dalom, Raja-raja Kappung Batin, Raja-raja Jakuan se Kepaksian Pernong, Panglima wilayah Adat Kerajaan, Para Bahatar dan Para Hulu Balang, Camat dan Peratin se-Kecamatan Batu Brak.

Dalam kesempatan ini Wakil bupati Lambar Drs. Mad hasnurin mengucapkan “Selamat datang kepada adinda Tomsi tohir di Bumi beguai jejama sai betik ini, ” ujarnya. 

Harapannya,  dengan adanya kunjungan kerja dalam rangka acara prosesi adat ini,  kita dapat terus meningkatkan kecintaan terhadap adat istiadat yang kita miliki khususnya yang ada di Lampung Barat.

Terakhir,  pihaknya mengajak kepada masyarakat agar melestarikan adat dan budaya karena Selain kita siapa lagi, “Ayo kita ajarkan generasi milenial, Generasi Penerus dan generasi muda agar tidak kehilangan akar budaya dan identitas nya di tengah perkembangan teknologi yang demikian cepatnya,” tutupnya. 

Kemudin,  Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir Balaw M. SI, menyampaikan Ucapan terimakasih, sudah menyambut kedatangan kami dan rombongan dengan penuh kegembiraan kebersamaan dan kekeluargaan

Kemudian pihaknya mengatakan Bahasa, adat istiadat, seni dan budaya kita, saya yakin tidak akan hilang, saya mengajak kita semua untuk mengakui dan menghargai adanya budaya di nusantara

“Sekala Brak sangat penting untuk Lampung Barat,  kerajaan nusantara berperan penting dalam estimasi suatu daerah, semoga acara ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan Negara Indonesia,” ujarnya. 

Ditempat yang sama PYM SPDB Pangeran Drs. Edwarsyah Pernong, S.H, M.H, Sultan Skala Brak yang di pertuan ke-23 menyampaikan Kerajaan-kerajaan ini lah yang mempunyai nilai-nilai adat semua itu berpayung dan berteduh pada Negara Kesatuan Republik Indonesia

“Melalui Kerajaan-kerajaan dan adat istiadat sebagai pondasi dasar untuk memperbesar dan memperkokoh kesatuan NKRI,” ungkapnya. 

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw M. SI, beserta rombongan yang sudah berkenan berkunjung di kerajaan Kepaksian Pernong Sekala Brak,” tutupnya. (Pin)