Balai Tiyuh Candra Kencana Tidak Dilengkapi Papan Nama Lembaga Tingkat Tiyuh

Tulang Bawang Barat – Kantor Tiyuh Candra Kencana, kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tidak ada papan nama untuk beberapa lembaga yang harus terpasang pada halaman kantor tiyuh, hanya ada papan nama Kantor Tiyuh saja.

Sangat berbeda dari tiyuh lainnya yang ada di Tubaba ini, entah apa sebabnya hanya ada papan nama kantor tiyuh saja.

Ketua salah satu lembaga dimintai keterangan terkait papan nama lembaganya tidak ada, ketua LPM Tubaba, Junaidi Farhan mengatakan, dalam Permendagri No. 18 tahun 2018 Tentang LKD dan LAD, Bab II LKD pasal 3 ayat (2) butir (e) : Memiliki Sekretariat Yang Tetap.

“Artinya, idealnya kantor sekretariat harus ada papan nama sebagai kelengkapan lembaga, dan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan pelayanan terkait tupoksi lembaga tersebut. Kalau kantor atau sekretariat tidak ada papan nama, tentu menjadi kesulitan bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan.” Tegasnya, saat ditemui di Kantornya, (16/09/2022).

kepala dinas PMT Tubaba, Sofyan Nur menjelaskan, bagaimana seharusnya pemasangan papan nama lembaga yang harus terpasang di halaman kantor tiyuh

“Pemasangan papan nama lembaga di tingkat tiyuh itu ada dasar aturannya, seharusnya lengkap terpasang seperti PKK, BPT, Karang Taruna, LPM selayaknya lengkap terpasang,” jelasnya.

Sambungnya lagi, saran saya untuk tiyuh Candra Kencana papan nama lembaga itu harus dibuatkan, masa iya usia Tiyuh sudah sekian tahun tidak ada plang nama lembaga.

“Plang itu menunjukan adanya aktivitas kelembagaan di tiyuh dan bisa dianggarkan untuk pembuatan papan nama tersebut,” imbuhnya.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan kepala dinas PMT Tubaba, mengingat usia tiyuh sudah cukup lama namun papan nama lembaga hingga kini tidak ada ini merupakan keteledoran berjamaah semua aparatur tiyuh Candra Kencana yang mana setiap hari aparatur tiyuh ngantor dan juga sering melihat kantor tiyuh tetangga namun tidak menyadari keadaan tiyuh mereka yang tidak asri dipandang mata. (Darwis)