Gelar Rakor, AWPI Pringsewu Program Kerja dan Keanggotaan

Pringsewu – Pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi, Ketua DPC AWPI Kabupaten Pringsewu Ahmad Khattab membahas Program Kerja, Peraturan Organisasi dan Orientasi Kepengurusan kedepan. Rapat tersebut bertempat di Kantor DPC AWPI Kabupaten Pringsewu, Jum’at (16/09/2022) siang.

Didampingi oleh Syaifullah (Sekretaris) dan Hermanto (Bendahara). Khattab menegaskan kembali bahwa pengurus dan anggota wajib mentaati produk hukum organisasi yang ada di AWPI dan menyatukan persepsi kedepan agar AWPI lebih sistematis dan masif lagi dalam menjalankan roda organisasi.

“Rapat ini menjadi penting, dalam rangka menyamakan persepsi dan gerak langkah organisasi. Dinamika di tubuh organisasi menjadi bagian tak terpisahkan, namun bukan berarti tidak bisa di selesaikan,” Kata Khattab.

Selain itu, lanjutnya, perbedaan pendapat diantara pengurus dan anggota dalam menjalankan roda organisasi, merupakan sesuatu yang biasa.

“Bagaimana kemudian perbedaan pendapat ini mampu membangun kedewasaan kita dalam berorganisasi. Sebab, didalam organisasi juga pastinya ada AD/ART dan PO yang harus kita patuhi bersama,” Jelasnya dihadapan para pengurus dan anggota.

Sementara itu, sekretaris DPC AWPI Kabupaten Pringsewu, Syaifullah menjelaskan, proses seleksi calon anggota di AWPI Pringsewu memang cukup berbeda dengan organisasi profesi lainnya, sebab ada beberapa persyaratan dan indikator yang menjadi kebijakan di AWPI Pringsewu sendiri untuk melakukan rekruitmen keanggotaan AWPI.

“Selain yang bersangkutan harus menandatangani Pakta Integritas, juga harus mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar jurnalistik. Proses ini yang kita berlakukan di AWPI Pringsewu,” terangnya.

Kemudian, keaktifan dari calon anggota dalam kegiatan yang diselenggarakan organisasi juga menjadi salah satu penilaian sebagai upaya menumbuhkan loyalitas, komitmen dan rasa memiliki terhadap organisasi.

“AWPI tidak menuntut teman-teman datang dan ngantor setiap hari. Organisasi AWPI hanya berharap adanya komitmen dan loyalitas. Jadikan kantor AWPI ini rumah kedua kalian, untuk sharing dan diskusi berkenan dengan apa yang menjadi tugas kalian sebagai wartawan,” paparnya.

Rapat tersebut juga membahas beberapa pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan, dan juga pembagian KTA AWPI. (Tab/Red)