Ikuti Monitoring dan Evaluasi PEN, Sekda Lambar Sampaikan Harapannya

Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah Tahun Anggaran 2021 dan Pinjaman Daerah dalam rangka Mendukung Program PEN Tahun 2021 secara Zoom Meeting/Daring di Ruang Rapat Sekincau Setdakab, Kamis (15/09/2022).

Acara yang digelar oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang kemudian hadir sebagai narasumber Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK), Irfan Sofi dan Didin Salahuddin, PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI), Ery Hartito dari Hotel Novotel, Jakarta Pusat.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Barat, Drs. Nukman dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat.

Dalam Zoom Meeting tersebut, DJPK, Irfan Sofi menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan amanat Pasal 23 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 43/PMK.07/2021 tentang Perubahan Kedua atas PMK Nomor 105/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional untuk Pemerintah Daerah.

Kemudian, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap Pinjaman PEN Daerah dan Pinjaman Daerah dalam rangka Mendukung Program PEN.

“Atas dasar itu, saya mengajak Pemkab Lampung Barat untuk turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi atas Pinjaman PEN Daerah dan Pinjaman Daerah dalam rangka Mendukung Program PEN tersebut,” ucapnya.

Lanjut Irfan, sebetulnya monitoring Pinjaman PEN ini bertujuan untuk memajukan Perekonomian Daerah, tambahnya.

“Dalam pelaksanaan Pinjaman PEN Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan tidak memungut biaya apapun atas pelayanan yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk menjaga integritas, maka diharapkan tidak memberikan sesuatu kepada pejabat/pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Kabupaten Lampung Barat, Drs. Nukman menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Pemkab dalam rangka penanganan PEN di Lampung Barat.

“Tentu dengan adanya Pinjaman PEN ini, Kami sangat terbantu dalam memulihkan ekonomi,” ucapnya.

Kemudian, dirinya berharap kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat dan PT SMI kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dapat dijaga dengan sebaik-baiknya oleh pihaknya. (Pin)