Lakukan Patroli Hunting, Polsek Sekincau Amankan Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Lampung Barat – Kepolisian Resor Lampung Barat menangkap LS (47), tersangka pelaku penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Kamis (08/09/2022) sekira pukul 20.00 WIB.

Sebanyak 10 (sepuluh) jerigen BBM jenis solar dan 16 (enam belas) berikut satu unit mobil Mitsubishi L300 Warna hitam berhasil disita.

Kapolsek Sekincau, Kompol sukimanto mendampingi Kapolres Lampung Barat, AKBP Heri Sugeng Prianto menjelaskan, Modus LS (47), dengan melakukan pengisian atau mengecor BBM jenis solar menggunakan jerigen yang kemudian diangkut dengan mobil pick-up L300 Tersangka L adalah pemilik solar bersubsidi itu.

“Penangkapan ini berawal dari Patroli Hunting yang dialkukan oleh Unit Reskrim Polsek Sekincau yang sedang melaksanakan patroli hunting di wilayah hukum Polsek Sekincau, kemudian anggota Unit Reskrim melihat ada seorang laki-laki yang sedang melakukan Pengecoran BBM bersubsidi jenis solar di SPBU Sidomulyo,” jelasnya.

Kemudian, Tim Unit reskrim Polsek Sekincau yang dipimpin oleh IPDA Andriyadi menemukan pelaku yang masih melakukan pengecoran, setelah dicek ternyata jerigen yang dibawa cukup banyak, hingga tim melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku dan BB yang selanjutnya dibawa ke Polsek Sekincau guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, pelaku disangkakan melanggar pasal 55 UU RI nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi yang diubah pada Pasal 40 angka 9 UU RI nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja. Ancamannya penjara paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar,” tandasnya. (Pin)