Prof. Mukri Resmi Mundur Dari Jabatan Ketua PWNU Lampung

Bandarlampung – Melalui rapat harian Syuriyah dan Tanfidziyah, Prof. Moh. Mukri resmi mengundurkan diri sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung. Rapat tersebut bertempat di Ballroom Hotel Bukti Randu. Rabu (07/09/2022).

Dalam rapat harian tersebut, Mantan Rektor UIN Raden Intan Lampung tersebut mengatakan, kemunduran dirinya sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung agar roda organisasi tetap berjalan baik dan tidak ada turbulensi.

“Maka dengan ini saya resmi mengundurkan diri. Dan akan berkhidmat di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU),” Kata Mantan Rektor UIN Raden Intan Lampung itu. Kamis (08/09/2022).

Lebih lanjut Prof. Moh. Mukri yang kini juga menjabat sebagai Rektor UNU Belitar itu mengungkapkan bahwa kemunduran dirinya adalah wujud Khidmah di Jam’iyah Nahdlatul Ulama ini.

Selain Prof. Moh. Mukri, yang turut mundur dari kepengurusan PWNU Lampung yakni, KH. Muhyidin Thohir (Wakil Sekretaris) yang kini menjabat sebagai Khatib Syuriyah PBNU. 

Sementara itu, Sekretaris PWNU Lampung Aryanto Munawar mengatakan, kemunduran beberapa pengurus NU Lampung yang masuk ke kepengurusan PBNU tersebut berdasarkan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan dalam menegakkan konstitusi organisasi dilarang untuk rangkap jabatan.

“Maka beliau (Prof. Mukri dan KH. Muhyidin) melepaskan jabatannya di PWNU Lampung,” jelas Aryanto Munawar Sekretaris PWNU Lampung.

Untuk diketahui, pekan depan PWNU Lampung akan kembali menggelar rapat terkait pembahasan pengisian kekosongan jabatan oleh kepengurusan sebelumnya setelah Surat Keputusan (SK) dikeluarkan oleh PBNU, seperti penunjukan Plt Ketua PWNU Lampung. (Rls/Red)