“Polisi DoOr Polisi”, AWPI Minta Kapolda Lampung Evaluasi Personil

Bandarlampung – Ketua DPD AWPI Lampung Refky Rinaldy meminta agar Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus segera lakukan evaluasi terhadap seluruh anggota Polri pemegang Senjata Api (Senpi) Se-Lampung.

“Psikologi anggota Polri pemegang senpi harus di cek dan segera di Evaluasi, saya berharap pak Kapolda bisa bergerak cepat menyikapi persoalan ini, demi menjaga nama baik institusi Polri,” Kata Refky. Selasa (06/09/2022).

Refky juga mengatakan bahwa, evaluasi yang dilakukan harus secara menyeluruh, agar Kapolda juga dapat memastikan bahwa personil yang memegang Senpi tersebut betul-betul dalam keadaan yang baik dan berdasarkan aturan yang berlaku.

“Ya harus menyeluruh, dari masing-masing fungsi Operasional dari tingkatan Polda, Polres hingga Polsek harus di evaluasi,” jelas Refky.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, kenapa evaluasi ini harus segera dilakukan, karena sepengetahuan kami personil yang dapat memegang Senjata harus melalui beberapa proses tahapan, maka dirasa tidak masalah jika Kapolda melakukan peninjauan kembali dan melakukan mengevaluasi.

“Salah satunya kan wajib menjalani atau melakukan psikotes secara berkala. Seperti menjalani tes psikologi dan tes kesehatan dan kejiwaan, dan termasuk juga Track Record dari setiap anggota menjadi dasar, dan ada tes berkala juga kalau tidak salah dilakukan 6 bulan sekali,” paparnya.

Maka, demi menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat serta profesionalitas institusi Polri kami berharap pak Kapolda dapat segera melakukan evaluasi tersebut, harapnya. (Red)