Semarak Kemerdekaan, Bupati Lambar Ikut Upacara hingga Ajak Ziarah Makam Pahlawan

Lampung Barat – Bupati Lampung Barat, H. Parosil mabsus menjadi Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (Hut ke-77 RI) di Lapangan Indrapati Cakranegara, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat, Rabu (17/08/2022).

Melanjutkan rangkaian Apel Kemerdekaan dilaksanakan ziarah makam pahlawan serta tabur bunga oleh Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati, Drs. Mad Hasnurin serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Taman Makam Pahlawan Liwa, Pekon Kubu Perahu diawali dengan upacara yang langsung Kapolres Lambar, AKBP Heri Sugeng Priyanto sebagai pembina dan kembali lagi menuju Lobby kantor bupati Lambar untuk melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Di Istana Merdeka secara Virtual.

Lalu dilanjutakan dengan menggelar ramah tamah kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Aparatul Sipil Negara (ASN) dan Legiun Veteran Bersamaan dengan itu, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus di dampingi Wakilnya Drs. Mad Hasnurin menyerahkan tali asih kepada Legiun Veteran kabupaten Lampung barat yang turut hadir pada rangkaian kegiatan tersebut.

Puncak perayaann HUT ke-77 RI tersebut ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus yang diberikan kepada Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Forkopimda dan Veteran.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang telah sukses melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab saat penaikan bendera Sang Merah Putih pada peringatan Hari Ulang ke 77 Republik Indonesia (RI).

“Saya terharu dan bangga terhadap adik-adik Paskibra yang sudah berjuang selama 18 hari dalam mengikuti pelatihan pengibaran bendera merah putih, hasil gemilang yang adik-adik raih, saya yakini lahir dari sebuah proses latihan panjang yang disertai totalitas, dedikasi, kerja keras, kedisiplinan, dan pengorbanan seluruh anggota Paskibra bersama tim pelatih,” ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan, peringatan HUT ke-77 RI tersebut merupakan momentum yang bersejarah bagi masyarakat Indonesia.

“Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini bukan barang gratis dan hadiah dari penjajah, tetapi kemerdekaan yang kita nikmati ini adalah hasil dari perjuangan para pahlawan dan berkat rahmat dari Tuhan YME,” katanya.

Republik Indonesia sudah merdeka selama 77 tahun tentu sudah banyak keberhasilan dan prestasi yang di torehkan dan menjadi sejarah, namun hal tersebut tidak mungkin dapat menjadi tinta emas bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa perjuangan dari para legiun Veteran di zaman dahulu.

“Bila bicara pejuang lampung barat tentu dahulu telah dilakukan oleh Veteran yang turut hadir pada kesempatan ini dan telah banyak perjuangan dari bapak-bapak yang telah di lakukan untuk Indonesia khususnya Lambar” Kata Pakcik.

Pada kesempatan ini saya mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung barat mengucapkan terimakasih dan memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Veteran yang turut hadir pada kesempatan ini.

Kemudian, Parosil berharap kepada masyarakat terutama generasi muda agar tetap mempertahankan semangat gotong royong dari para pahlawan bangsa untuk membangun Indonesia, khususnya kabupaten lampung barat..

Diketahui, Apel tersebut dihadiri Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo,bKapolres Lampung Barat AKBP, Heri Sugeng Priyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat Deddy Sutendy, SH., MH, Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan,Kepala Pengadilan Negeri Liwa Awaluddin H. A. SH., SOS,Sekretaris Daerah Drs. Nukman, MM,Ketua TP-PKK Partinia parosil mabsus,Ketua GOW Gurti Mad hasnurin, Ketua DWP Zelda Nukman, Assisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Se-Kabupaten Lampung barat, Perwira upacara Pasiter Kodim 0422 Lambar, Kapten Infantri Waniran, Komandan upacara Pasi pers kodim 0422 Lambar Kapten Infantri Suroto, pembaca teks proklamasi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Edi Novial, S. Kom,

Komandan Paskibraka Bintara Operasional, Kodim 0422 Lambar, Sertu Ariyanto, Petugas pengawal bendera, Serda Sarjono, Serda Sugeng, Briptu Dian Pratama, dan Briptu Frendika Vigianto, Komandan pasukan 17 Ican Fawaz siswa SMAN 1 Way tenong, Pembawa baki Fitri Novelia Siswi SMAN 1 Liwa, Komandan Pasukan 8 Irfando Siswa SMAN 1 Lumbok seminung, Pembentang bendera Yogi candra Siswa SMAN 1 Liwa, Pengerek bendera Dimas Dadah S Siswa SMAN 1 Liwa.(*)