Gelar Rapat Paripurna, DPRD Lambar Dengarkan Pidato Presiden

Lampung Barat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat gelar Rapat Paripurna dengan acara mendengarkan pidato kenegaraan presiden dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 si Ruang Sidang Maghgasana DPRD, Selasa (16/08/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko widodo menyampaikan, tantangan yang kita hadapi saat ini sangat berat dan sangat sulit serta tidak mudah, semua negara mengalami keadaan yang sama, krisis kesehatan pandemi covid 19 belum sepenuhnya pulih dan bangkit.

“Kita tahu 107 negara akan mengalami kerugian dan perkiraannya 553 juta jiwa mengalami kekurangan, 345 jiwa kekurangan pangan dan kelaparan, ujian ini tidak mudah bagi dunia dan bagi Indonesia semua ini harus kita hadapai dengan kehati-hatian dan kewaspadaan,” ucapnya.

Lanjutnya, dengan tantangan yang berat kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini, negara kita termasuk yang berhasil menghadapi pandemi covid-19 termasuk 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia 432 juta dosis vaksin yang telah di suntikkan.

“Inflasi juga berhasil di kendalikan di kisaran 4.9% angka ini jauh dari inflasi asean sekitar 7% , jauh di antara negara-negara maju sekitar 9% bahkan sampai pertengahan tahun 2022 APBN surplus 1.6 triliyun rupiah oleh karena itu pemerintah mampu memberikan subsidi bbm, subsisdi elpiji dan subsidi listrik sebesar 502 triliyun di tahun 2022 agar harga bbm di masyarakat tidak melambung tinggi,” imbuhnya.

Kemudian, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5.44 % pada kuartal ke dua tahun 2022 ini, neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut dan di semester 1 tahun 2022 ini surplus sekitar 364 triliyun rupiah.

“Capaian tersebut perlu kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak di satu sisi kita harus tetap waspada dan hati hati, namun disisi lain agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih indonesia maju,” terangnya.

Dalam menghadapi covid-19 yang melanda dunia, bangsa indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh, masyarakat saling melindungi dan berbagi, ulama tokoh agama dan tokoh adat aktif mendampingi masyarakat, organisasi sosial dan keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat, TNI dan polri serta jajaran birokrasi saling bersinergi bersama, bergotong royong bersama sama dan lembaga negara juga mendukung pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini, jika kita mampu menghadapi pandemi dengan baik artinya kita juga mampu menghadapi agenda besar lainnya.

“Performa agraria dan sertifikat tanah harus selalu dilanjutkan, bantuan sosial harus tetap digulirkan dengan data yang lebih baik, UMKM harus tetap didikung agar segera naik kelas, stunting harus di pangkas, akses pendidikan harus di prioritaskan,” katanya.

Oleh karena itu, budi pekerti luhur, Bhineka tunggal ika dan patriotisme merupakan landasan utama dalam melaksanakan itu semua.

“Tahapan pemilu yang sedang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus kita dukung, jangan ada politik identitas, politisasi agama dan politiasi sosial karena demokrasi kita harus semakin dewasa,” tegasnya.

Diketahui, Rapat tersebut dihadiri Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat, Drs. H. Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah (Sekda) lampung barat, Drs. H. Nukman,MM, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat, Ketua TP-PKK, Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti, Mad hasnurin, Ketua DWP, Zelda Nukman, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat dan Camat Se-Kabupaten Lampung barat. (Pin)