Bupati Parosil Genjot Kegiatan, Wujudkan Misi Pembangunan SDM Dan Daerah

Lampung Barat – Gelar Car Free Day Ke-II sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limau Kunci ke-27 tahun. Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus didampingi jajaran Forkompinda Kabupaten Lampung Barat lepas Balon Udara sebagai simbol HUT PDAM ke-27 tahun.

Acara yang berlangsung di Taman Kota Liwa tersebut juga dihadiri langsung oleh Anggota Komisi I DPR-RI yakni Mukhlis Basri. Dan juga para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan juga tokoh pemuda. Minggu (14/08/2022).

Dalam prosesi HUT ke-27 PDAM Limau Kunci tersebut diisi dengan beberapa agenda seperti Penyerahan kartu PBI-JKN (BPJS Gratis) secara simbolis oleh Bupati Lampung Barat yang ditujukan kepada :

1. Pekon sebarus, sebanyak 96 orang penerima manfaat.

2. Kelurahan pasar liwa, sebanyak 186 orang penerima manfaat. 

3. Kelurahan way mengaku, sebanyak 134 orang penerima manfaat. 

Penyerahan paket alat prasmanan, paket yang diserahkan secara simbolis kepada kelompok usaha bersama (kube) sebanyak 5 kube way mengaku, lingkungan pring tebak I berupa paket alat-alat prasmanan terdiri dari : 

1. Kursi plastik 1 (Satu) paket.

2. Alat prasmanan/panstove 1 (satu) paket.

3. Piring keramik 1 (Satu) paket.

4. Rempel meja 1 set

Kemudian bantuan simbolis berupa 6 unit kendaraan dinas roda dua kepada 6 orang pendamping sembako/Tksk yang diserahkan secara simbolis kepada Tksk kecamatan sekincau kepada Susanti.

Pada kesempatan itu dilakukan juga penyergapan Doorprize kepada seluruh peserta Car Free Day II yang dilakukan oleh Anggota Komisi I DPR RI Mukhlis Basri, Bupati Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin Dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat.

Parosil menyampaikan bahwa kegiatan Car Free Day ini merupakan yang ke II kalinya dilakukan Kabupaten Lampung Barat. 

“Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia (RI) ke-77 dan HUT PDAM Limau Kunci ke-27 dan memperingati Hari Gajah Sedunia 2022 atau World Elephant Day,” Kata Parosil.

Peringatan Hari gajah sedunia ini, lanjut Parosil, penting untuk menyebarkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberlangsungan hidup hewan mamalia tersebut. 

“Hari Gajah Sedunia juga bertujuan untuk memberi tahu dunia bahwa kelangsungan hidup gajah, terutama di daerah Asia dan Afrika sudah terancam punah. Dengan adanya Hari Gajah Sedunia, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap hidup gajah semakin meningkat,” jelasnya.

Selanjutnya Parosil berharap, kedepan kegiatan Car Free Day Kabupaten Lampung Barat ini dapat terus dilanjutkan. Karena Menurut Parosil, tujuan Car Free Day ini dapat menjadi ajang olahraga sebagai bagian penting dari kehidupan agar tetap sehat.

Selain itu, Dalam pelaksanaan Car Free Day 2 ini didukung dengan berbagai macam pelayanan, diantaranya Pelayanan Vaksinasi Covid-19, Pelayanan Kesehatan Hewan, Bazar UMKM Pasar Budaya dan Lain-lain. 

Dari sekian banyak pelayanan yang mendukung berjalannya proses pelantikan Peratin itu, ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Sebetulnya Banyak dampak positif yang kita rasakan dengan di adakan CFD ini, Kita ingin membangkitkan kembali daya saing produk UMKM karena kegiatan ini tentu sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kembali perekonomian masyrakat khususnya para pelaku UMKM setelah terpuruk akibat pandemi beberapa tahun terakhir.

Hal itu juga merupakan salah satu implementasi dari Pitu program poin keenam yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik.

Parosil berharap agar kegiatan seperti ini  akan terus bisa dilaksanakan pada bulan-bulan mendatang, untuk memberikan wadah kepada pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk olahan lokal namun memiliki kualitas terbaik ke mata nasional ataupun internasional.

Namun Parosil juga menekankan beberapa hal kepada seluruh pelaku UMKM yang ada di acara tersebut terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk dukungan membantu pemerintah mengurangi emisi gas karbon yang menjadi komitmen Pemkab sebagai Kabupaten Konservasi,Kepada pedagang jika ada plastik ataupun sampah lainnya yang ada di sekitar tempat berjualan tolong di bersihkan untuk mendukung program Pemkab Lambar sebagai Kabupaten Konservasi,saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mencintai ramah lingkungan, mari kita tunjukkan Kabupaten Konservasi itu ada di Kabupaten Lampung Barat, terangnya. (Pin)