Bangunan Runtuh, Kamu Lampung Unjuk Rasa

Bandarlampung – Puluhan Mahasiswa fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa UIN (KAMU) Lampung gelar unjuk rasa menuntut pihak kampus agar tidak acuh terhadap perawatan dan perbaikan gedung yang ambruk, Selasa (08/08/2022).

Aksi yang dilakukan dari gedung dekanat FDIK menuju ke gedung Rektorat tersebut dimulai sejak pukul 10.30 dengan titik kumpul didepan gedung Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FDIK.

Koordinator Lapangan, Ahmad Ilham menyampaikan tujuan Aksi unjuk rasa kali ini merupakan buntut dari kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pihak kampus sehingga ambruknya gedung yang juga kelas untuk melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Gedung fakultas ini merupakan salah satu sarana pembelajaran dikelas. Ketika infrastruktur kampus tak memadai apalagi mengalami kerusakan, sudah tentu mengganggu proses belajar kami. Kami meminta pihak birokrasi agar segera memperbaiki gedung fakultas yang rusak.” Ujar Ayib, sapaan akrabnya.

Dalam dialognya dengan pihak birokrasi, Koordinator Umum (Kordum) KAMU Lampung, Diky Akbar meminta pihak birokrasi untuk mendengarkan aspirasi para mahasiswa, supaya segera merealisasikan perbaikan dan peremajaan gedung-gedung fakuktas yang sudah tak layak pakai.

“Segera berikan sulosi! Jika bapak-bapak menanyakan adik-adik punya uang atau tidak justru bapak-bapak diatas digajih untuk memberikan solusi hal-hal yang semacam ini. Bukan malah dilempar kepada kami, karena kewajiban kami sudah kami laksanakan sekarang kami menuntut apa yang menjadi hak kami,” tegasnya.

*Pihak Kampus yang Menemui Massa aksi

Menanggapi Massa Aksi, Kepala Bagian Umum, Ahmad Zulbilal, SE, MM,. mengatakan, dirinya siap dipecat dari jabatannya jika pada hari yang ia janjikan belum juga adanya perbaikan.

“Perkuliahan mulai tanggal 29 Agustus, sekarang tanggal 8. Kita akan mulai perbaiki mulai Senin depan. Jika Senin depan belum ada perbaikan, silahkan adek-adek cari saya. Jangankan masa aksi, pecat saya bila perlu,” ujarnya.

Sedangkan, Wakil Rektor II, Dr. Safari Daud, M.Sos.I mengatakan, pihaknya sudah merencanakan terkait gedung fakultas tersebut.

“Aspirasi adek-adek kita terima, memang sudah ada perencanaan jadi sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pak Kabag umum tadi mulai Senin depan kita akan mulai rehab gedung fakultas”, pungkasnya. (Riammm/*)