Turut Kampanyekan Kendaraan Listrik, Pemkot Balam Beli Ratusan Motor Listrik

Bandarlampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung gaungkan komitmennya dalam mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik yang di inisiasi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Bandarlampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung gaungkan komitmennya dalam mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik yang di inisiasi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana mengatakan, Pemkot amat sangat siap untuk mengkampanyekan kendaraan listrik ini dan siap untuk berkomitmen, selain daripada itu kami siap mewujudkan bentuk daripada komitmen kami.

“Kami akan ikut dalam mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik. Salah satu bentuk komitmen pemkot yakni akan membeli sekitar 160 lebih motor listrik untuk diberikan ke kelurahan dan Babinsa dan Bhabinkatibmas,” ujarnya, Rabu (20/07/2022).

Menurut dia, dengan penggunaan kendaraan listrik akan mengurangi polusi asap dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM). Terlebih kendaraan listrik ini memiliki kelebihan irit jika dibandingkan dengan yang memakai BBM. Apalagi saat ini BBM lagi mahal, sehingga penggunaan kendaraan listrik menjadi solusinya, sebab operasionalnya pun lebih murah.

“Kami akan berkolaborasi dengan PLN untuk mengkampanyekan ke masyarakat, Mudah-mudahan bisa kita bantu pemasarannya, baik kendaraan maupun kompor listrik, ya semua tentang kelistrikan nanti kita bicarakan kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Tanjungkarang, Zamzami, mengatakan bahwa guna menuju suasana perkotaan bebas polusi, pihaknya akan melakukan kegiatan-kegiatan ataupun kampanye yang menuju ke arah sana.

“Saat ini kami telah membentuk komunitas kendaraan listrik Lampung electric vehichles (LEV) yang baru diresmikan ke depan adalah akan suasan bebas polusi jadi akan dilakukan kegiatan yang mendorong ke arah sana,” katanya.

Menurutnya pula penggunaan kendaraan listrik lebih mudah dari yang dibayangkan, bahkan untuk pengisian baterainya bisa di lakukan di rumah karena sudah disediakan home chargingnya.

“Jadi selain di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bisa juga melakukan pengisian baterai di rumah, yang membedakan hanya lebih lambat saja. Untuk SPKLU saat ini ada tiga dalam kota satu di Els Coffe Baypas, Rest Area 20 B yang mengarah ke Bakauheni dan 9 A yang mengarah ke Palembang,” pungkasnya. (*)