Pemda Lambar Lakukan Rolling Jabatan di tingkat Kecamatan

Lampung Barat –Penyegaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan terhadap pejabat tingkat kecamatan di beberapa camat salah satunya di Kecamatan Balik Bukit, Dari Camat sebelumnya Matsyuhar kepada M Yohanes di Halaman Kantor Kecamatan setempat, Selasa (19/07/2022).

Sertijab tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Sugeng Raharjo, M.T, dan dihadiri para unsur pimpinan kecamatan, pendamping desa dan pendamping lokal desa, peratin, TP -PKK, Dharma Wanita Persatuan serta para tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya, Sugeng Raharjo mengatakan bahwa beberapa waktu lalu Bupati telah melakukan rotasi-mutasi pejabat struktural di lingkungan Pemkab, untuk itu atas nama pribadi dan pemerintah daerah Bupati mengucapkan selamat atas pelantikan M Yones sebagai Camat Balikbukit. 

“Mewakili pemerintah daerah dan saya pribadi tentunya sampaikan selamat atas camat Balik Bukit yang baru saja dilantik dan kedepannya agar lebih khidmat dalam melaksanakan tanggung jawabnya”, ujarnya.

Pelantikan Yones sebagai camat ini juga merupakan amanah dan kehormatan dari pemerintah daerah yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagaimana sumpah jabatan yang telah diucapkan.

“Amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik apabila saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik jabatan yang saudara emban ini merupakan kepercayaan pemimpin terhadap seorang ASN dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa peran camat sangat sentral dan strategis dalam mendorong kemajuan suatu daerah hal tersebut dapat dilakukan apabila seorang camat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai koordinator pelaksana pemerintah pembangunan dan kemasyarakatan.

“Di samping itu camat harus mampu memberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan, karena tanpa partisipasi aktif masyarakat pembangunan yang dilaksanakan akan sia-sia dan Sebagai seorang pemimpin wilayah camat tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja tetapi camat juga harus mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dan dari berbagai permasalahan di masyarakat selain itu juga dalam melaksanakan tugas saudara harus mengedepankan etika moral kejujuran keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab,” imbuhnya.


Sementara itu, Mat Suhyar mohon pamit untuk berpindah tugas di Kecamatan Belalau. Ia menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak selama dirinya menjabat di Kecamatan Balikbukit. 

“Banyak hal yang sudah kita lewati bersama, terimakasih atas sinergitas yang terbangun selama ini dan terimakasih atas dukungan seluruh lapisan masyarakat, saya bangga pernah menjadi bagian dari keluarga besar pemerintah Kecamatan Balikbukit. Selanjutnya mohon pamit dan mohon doanya untuk kesehatan dan kelancaran dalam mengemban amanah sebagai sebagai belalau,” kata dia.

Sementara itu, Pejabat Baru M Yones menyampaikan terimakasih atas amanah yang diberikan pimpinan sekaligus mengucapkan terimakasih atas kehadiran semua pihak dalam prosesi sertijab tersebut.

“Terimakasih atas segala persiapan dan sambutannya, untuk selanjutnya saya mohon dukungan dan kerjasama dari semua unsur baik uspika, peratin maupun piha-pihak terkait untuk sama-sama bersinergi membawa Kecamatan Balikbukit menjadi lebih baik dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutupnya.

Diketahui, dalam gerbong rolling jabatan ASN di lingkungan pemkab lambar beberapa waktu lalu, jabatan Camat Balikbukit yang dijabat oleh Mat Suhyar digantikan oleh M Yones yang sebelumnya  menjabat sebagai Camat Pagardewa, sementara Mat Suhyar bergeser menjadi Camat Belalau menggantikan Drs Akmal yang menjabat sebagai Irban I pada Inspektorat Lambar. (pin)