Hari Pertama KBM Tatap Muka, MIN 1 Tuba Terapkan ‘MPLS’

Tulang Bawang – Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2022/2023 umumnya Sekolah Dasar di Tulang Bawang, Lampung diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) serta untuk saling mengenal antar sesama siswa didik, dan wali muridpun sangat antusian mengantarkan anak – anaknya bersekolah. Senin (18/07/2022).

“Hari pertama pasca libur selama beberapa hari yang juga perayaan Idul Adha 1443 Hijiriah siswa hanya pengenalan lingkungan sekolah untuk anak-anak siswa baru selama tiga hari ke depan, setelah itu baru aktif belajar,” kata Kepala Madrasah Ibtidaiyah N1 Tulang Bawang, Siti Suratminah, S.Ag.,M.Pd.

Terpantau kegiatan hari pertama di beberapa sekolah lain di Kabupaten Tulang Bawang juga diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah khususnya bagi siswa/siswi baru.

Bahkan, nampak sekali puluhan orang tua sudah bersiaga mengantar, mendampingi sekaligus melihat aktivitas pengenalan sang buah hati di dalam ruang belajar

hingga jam pulang sekolah.

Siti Suratminah, S.Ag.,M.Pd. Selaku Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah N1 Tulang Bawang mengatakan,  pelajar sekolah dasar tahun ajaran sebelumnya sudah bergeser kelas satu tingkat ke atas akan mengikuti

pengenalan lingkungan kelas baru, sementara untuk murid baru sedang dalam pengenalan lingkungan sekolah selama tiga hari ke depan.

“Hari ini jadwalnya pengenalan lingkungan sekolah untuk anak-anak selama tiga hari, dan tanggal 21 Juli baru aktif belajar,” ujar Kepsek Madrasah Ibtidaiyah N1 Tulang Bawang,.

Sambungnya, “Pada tahun ajaran baru pihaknya menerima sekitar 90 peserta didik baru yang terbagi dalam 3 kelompok rombongan belajar (Rombel). Sedangkan jumlah siswa keseluruhan mulai dari kelas I-VI sebanyak 500 pelajar terbagi dalam 18 rombel. Dan setiap rombongan belajar sekitar 30 pelajar, serta kami berharap agar Menteri agama provinsi Lampung agar dapat memperhatikan sekolah sesuai dengan kebutuhan dikarenakan siswa yang cukup lumayan banyak, serta masyarakat yang sudah bisa mempercayai sekolah madrasah ini,” tuturnya. (Nur)