Pj. Bupati Tubaba Tegaskan Pentingnya Peran Pers Dalam Pembangun Daerah

Tulang Bawang Barat – PJ. Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Zaidirina mengatakan peran jurnalis dalam pembangunan daerah sangatlah berpengaruh besar. Hal tersebut disampaikannya saat manjadi narasumber di acara Sosialisasi dan Diskusi Pers yang bertajuk “Membangun Museum Pers, Kemerdekaan Pers dan Peran Pers Dalam Pembangunan”.

Acara tersebut berlangsung di Sesat Agung Bumi Gayo Ragem Sai Mangi Wawai, Kompleks Islamic Center Tubaba, Kamis (14/07/2022).

Selain itu, ia juga mengatakan, selalu menyampaikan kepada para pejabat dan seluruh ASN, bahwa percuma kerja keras dalam sebuah pembangunan di daerah namun tidak ada yang memberikan informasi atau memberitakannya hingga sampai kepada semua pihak termasuk masyarakat luas.

“Rasanya kurang komplit jika pencapaian maupun keberhasilan kita tidak di informasikan luas ke luar daerah. Tidak bisa dihilangkan bahwa kita juga butuh sebuah pengakuan dengan keberhasilan dalam sebuah pembangunan,” ujar Pj. Bupati Zaidirina.

Ia juga selalu mengingatkan kepada jajarannya untuk selalu melakukan sebuah inovasi dan kreasi, sehingga tidak hanya terpaku kepada satu titik saja.

“Tidak adanya sebuah inovasi yang dilakukan dapat membuat pers memberitakan yang kurang baik, karena memang tidak ada lagi yang menarik untuk diberitakan,” Katanya.

Lanjutnya, Pers sangat cerdas dalam mengolah sebuah informasi yang akurat dan valid. Jika sebuah daerah dapat membuat inovasi dan kreasi yang baik maka pemberitaannya akan baik. Menurutnya.

“Dizaman sekarang informasi itu aset yang sangat luar biasa, jika tidak mendapat informasi maka kita akan rugi karena kita sekarang membangun di era digitalisasi,” Imbuhnya.

Dia juga mengatakan bahwa, pihaknya membutuhkan sebuah kolaborasi, pemanfaatan kemajuan teknologi, dan menuntut kesetaraan akses internet guna mendapatkan informasi.

“Untuk itu kedepannya tiyuh (desa) yang wifinya masih blank spot kami akan berikan wifi, kami akan memberikan stimulus untuk wifinya. Kita bohong jika membicarakan segala macamnya jika akses untuk mendapatakan informasi tidak ada,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua Dewan Pers M.Agung Dharma Jaya, Kepala Monumen Pers Nasional Widodo Hastjaryo, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah. (Darwis)