50 Anggota Polres Lambar Resmi Naik Pangkat

Lampung Barat – Sejumlah 50 anggota Polres Lampung Barat ditetapkan menyandang satu pangkat lebih tinggi dari sebelumnya, prosesi kenaikan pangkat tersebut berlangsung di Mapolres setempat, Senin (4/7/2022).

Personel tersebut antara lain, semula berpangkat IPTU ke AKP sebanyak 1 personel, Aipda ke Aiptu 1 Personel, Bripka ke Aipda 19 Personel, Brigpol ke Bripka 11 Personel, kemudian Briptu Ke Brigpol sebanyak 5 Personel dan Bripda ke Briptu 13 Personel.

Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyantho dalam amanatnya mengatakan, kenaikan pangkat bagi anggota polri sejatinya reward atau penghargaan dari organisasi.

Dengan mekanisme, terlebih dahulu dilakukan penilaian berkaitan dengan jabatan yang tengah diemban, masa kerja, pendidikan, dan persyaratan administratif lainnya. Terutama penilaian pada kinerja, dedikasi, loyalitas serta kedisiplinan anggota.

“Kenaikan pangkat bukan hanya berdampak pada status hierarki, kenaikan gaji dan hak-hak yang diterima oleh personel semata,” ujarnya.

Melainkan katanya, kenaikan pangkat justru dituntut untuk lebih meningkatkan profesionalisme kinerja dan rasa tanggung jawab berdasarkan kepangkatan.

Termasuk yang perlu diingat jelasnya, pangkat merupakan gambaran atas tingkat peran, fungsi dan kemampuan serta keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam penugasan.

“Karena semakin tinggi pangkat yang disandang, maka semakin tinggi pula rasa tanggung jawabnya,”

Kemudian terang AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.IK., M.H. dirinya berpesan agar seluruh Anggota dapat senantiasa melaksanakan tugas dengan responsif, agar mendapatkan kepercayaan masyarakat khususnya pada jajaran kepolisian.

“Serta meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan serta sarana prasarana untuk mengantisipasi perkembangan situasi dan perubahan eskalasi dalam stabilitas kamtibmas,” pesannya.

Selain itu, sejatinya personel kepolisian memiliki leadership yang menunjukan bentuk keterpihakan dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Serta kiranya seluruh personel dapat menampilkan sikap kepemimpinan yang dapat diteladani, baik ketaqwaan, kesederhanaan maupun dedikasi tinggi, berikut tanggungjawab tugas untuk menumbuhkan budaya pelayanan yang konsisten berlandaskan norma hukum yang berlaku,” tukasnya. (Red)